top of page
  • hexanasemestaid

Besi Hollow Galvalum


Besi hollow galvalum atau pipa kotak galvalum adalah pipa kotak berbahan baja ringan (galvalum) yang memiliki kandungan zinc (seng) dan aluminium sebagai lapisan luarnya. Unsur lapisan dalam besi hollow galvalum biasanya memiliki perbandingan 55% aluminium, 43.5% zinc (seng), dan 1.5% silicon. Karakteristik umum besi hollow galvalum yang mudah kita kenali dengan kasat mata yaitu terdapat spangle atau kelip-kelip, memiliki motif yang unik pada badan besi hollow galvalum dan memiliki bobot yang ringan. Motif atau marking yang ada pada besi hollow galvalum tidak berpengaruh pada ketahanan maupun kualitas dari produk tersebut. Hal ini dikarenakan motif hanya dijadikan penanda bahwa hollow galvalum tersebut diproduksi oleh pabrik tertentu.


Spangle pada besi hollow galvalum memiliki ukuran yang berbeda-beda dan berfungsi sebagai penanda seberapa besar ketahanannya terhadap korosi. Secara umum ada tiga ukuran spangle yang sering dijumpai pada besi hollow galvalum yaitu kecil, sedang dan besar. Ukuran yang berbeda ini dipengaruhi oleh besar kecilnya kandungan aluminium dan silikon yang ada didalamnya. Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa besi hollow galvalum dengan saluran spangle berukuran kecil dapat menghambat proses korosi lebih baik dari spangle yang berukuran besar karena salurannya lebih rapat dan memiliki lapisan anti karat yang lebih banyak.


Ukuran Besi Hollow Galvalum

Umumnya ukuran besi hollow galvalum yang beredar di pasaran tersedia dalam dua jenis, yaitu ukuran 20 x 40 x 0.3 mm x 4 M dan 40 x 40 x 0.3 mm x 4 M. Namun yang berbeda hanya pada toleransinya. Anda bisa menggunakan gambar ilustrasi dimensi yang telah dijelaskan sebelumnya dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengetahui ukuran besi hollow galvalum. Misalkan, pada ukuran 20 x 40 x 0.3mm x 4 M maka artinya sisi pendeknya (A) berukuran 20 mm, sisi panjangnya berukuran 40 mm (B), ketebalannya 0.3 mm (t) dan panjang keseluruhan besi hollow galvalum yakni 4 M (L). Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui ukuran besi hollow galvalum lainnya.


Proses Pembuatan Besi Hollow Galvalum

Proses pembuatan besi hollow galvalum dimulai dengan mempersiapkan pita lembaran plat galvalum dengan ukuran tertentu kemudian diproses melalui mesin khusus. Mesin ini dapat memproduksi besi hollow galvalum dengan sangat cepat. Proses diawali dengan memotong coil plat galvalum dengan ukuran lebar yang lebih kecil seperti pada gambar di bawah ini, lalu lembaran plat galvalum dimasukan ke dalam mesin pencetak. Sebelumnya coil ini sudah melalui proses press untuk memastikan ketebalannya sesuai dengan yang telah ditentukan.

Setelah lembaran plat besi galvalum dimasukan ke dalam mesin, lembaran tersebut dicetak terlebih dahulu sesuai dengan motif yang sudah ditentukan. Biasanya masing-masing pabrik memiliki motif yang beragam. Motif atau marking yang ada pada besi hollow galvalum berasal dari cetakan khusus yang ada pada mesin dan bisa diganti atau di custom. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa marking ini tidak berpengaruh pada kualitas besi hollow galvalum, jadi Perkasa Partner tidak perlu bingung ketika melihat motif besi hollow galvalum yang berbeda-beda.


Setelah proses cetak, lembaran plat galvalum tersebut akan melalui proses pembentukan menjadi kotak dengan bantuan mesin. Proses pembentukan ini sangat berbeda dengan yang ada pada besi hollow hitam dan besi hollow galvanis. Pada gambar di bawah ini terlihat bahwa pada besi hollow galvalum tidak ada proses las melainkan dipress lalu direkatkan antara kedua sisinya sehingga membentuk pola jahitan.

https://www.smsperkasa.com/blog/apa-itu-besi-hollow



4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page