• hexanasemestaid

PANEL SURYA - SEJARAH BESERTA CARA KERJANYA

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi fotovoltaik (photovoltaic / PV) digunakan untuk mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan ini akan disimpan ke dalam baterai, yang dapat Anda gunakan untuk perangkat elektronik dan disesuaikan dengan kebutuhan listriknya.


Sejarah Panel Surya

Matahari merupakan salah satu bintang raksasa pada alam semesta. Matahari ini menyediakan berbagai macam energi tidak terbatas di dalamnya. Dengan perkembangan teknologi, energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber energi listrik yang banyak dibutuhkan oleh umat manusia. Berdasarkan sejarah, teknologi ini sudah ada pada abad ke-18, tepatnya pada tahun 1839. Seorang ahli fisika asal Perancis bernama Alexandre Edmond Becquerel yang pertama kali mencetuskan teknologi fotovoltaik.


Awalnya teknologi fotovoltaik dicetuskan melalui percobaan penyinaran dengan dua elektroda. Penyinaran ini menggunakan selenium yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik dengan jumlah yang sedikit. Percobaan ini merupakan bukti bahwa energi listrik bisa dihasilkan dari energi cahaya. Pada tahun 1904, Albert Einstein juga pernah meneliti sel surya yang dinamakan percobaan efek fotolistrik. Barulah pada tahun 1941, peneliti yang bernama Russel Ohl mampu mengembangkan teknologi panel surya. Teknologi ini kemudian dikenal sebagai teknologi sel surya (solar cell) dan penggunaannya masih digunakan sampai dengan saat ini.



Perbedaan Panel Surya dan Sel surya

Apa perbedaan antara panel surya dan sel surya?

Sel surya merupakan inti dari panel surya tersebut. Sel ini disusun berjajar dan dihubungkan secara seri dan parallel yang kemudian membentuk satu kesatuan panel surya. Dapat dikatakan bahwa panel surya merupakan gabungan dari banyak sel surya. Jumlah sel surya yang disusun di dalam panel surya bervariasi dari 32 hingga 96 sel, namun pada umumnya yang digunakan adalah tipe panel surya dengan 72 sel.


Cara Kerja Panel Surya

  1. Panel surya mengkonversi energi dari matahari menjadi listrik

  2. Inverter merubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya dari arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC)

  3. Energi digunakan untuk memberi daya pada peralatan listrik Anda

Pemasangan Panel Surya

Dalam memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), penting bagi Anda untuk tahu tips atau prosedur pemasangan yang baik dan benar. Salah dalam pemasangan akan membuat PLTS tersebut tidak dapat bekerja secara optimal atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan memasang PLTS.


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang PLTS

  • Pemilihan Lokasi Pemasangan Panel Surya Instalasi pemasangan panel surya sebaiknya diletakkan di atap rumah karena lokasi tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung. Perlu dipastikan bahwa lokasi atap tersebut tidak terkena bayangan dari pohon atau bangunan-bangunan di sekitarnya yang dapat mengakibatkan penurunan performa panel surya.

  • Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Supaya PLTS dapat digunakan untuk jangka waktu yang Panjang, pastikan Anda membeli komponen-komponen PLTS yang berkualitas. Anda bisa membeli ke perusahaan yang telah memiliki kredibilitas baik, menawarkan garansi produk, dan memiliki jasa yang profesional dan terpercaya. Selain panel surya, Anda juga membutuhkan inverter, dudukan panel surya di atap, kabel, dan alat proteksi kelistrikan seperti circuit breaker. Anda juga memerlukan peralatan pertukangan seperti obeng, bor listrik, maupun kunci L. Panel surya dipasang di atap dengan menggunakan dudukan panel surya yang biasanya terbuat dari aluminium. Selanjutnya, panel-panel surya tersebut disambung secara seri. Sambungan panel surya tersebut kemudian dihubungkan dengan inverter dimana arus listrik searah (DC) yang dihasilkan panel surya dikonversi menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik rumah. Inverter kemudian dihubungkan dengan instalasi kelistrikan rumah menggunakan kabel dan sebelum titik interkoneksi dengan kelistrikan rumah, dipasang alat proteksi circuit breaker. Setelah semua tahap pemasangan selesai dan instalasi dipastikan aman, selanjutnya dilakukan testing dan commissioning untuk memastikan sistem PLTS dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah semua tahap berhasil dilakukan baik dan aman, maka sistem PLTS sudah siap untuk menghasilkan listrik yang dapat Anda gunakan.


PT. Hexana Semesta menjual Panel Surya dengan Brand GCL yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya demi menghemat biaya tagihan listrik anda. Untuk melihat informasi selengkapnya mengenai segala manfaat dan keuntungan menggunaan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.





16 views0 comments

Recent Posts

See All