top of page
  • hexanasemestaid

EMG SORM®



Dalam industri manufaktur, memastikan kualitas produk adalah hal yang sangat penting. Salah satu aspek penting dalam pengendalian kualitas adalah mengukur kekasaran permukaan, karena hal ini secara langsung mempengaruhi kinerja dan fungsionalitas banyak produk. Secara tradisional, pengukuran kekasaran dilakukan secara offline di laboratorium, yang sering kali menghasilkan proses yang memakan waktu dan umpan balik yang terlambat. Namun, dengan kemajuan teknologi, sistem pengukuran kekasaran online seperti EMG SORM® muncul, merevolusi prosedur pengendalian kualitas dengan menyediakan data real-time untuk analisis dan tindakan segera.


Apa itu EMG SORM®?

EMG SORM® adalah sistem inovatif pengukuran kekasaran online yang dikembangkan oleh EMG Automation GmbH, penyedia solusi pengukuran industri terkemuka. Sistem ini menggabungkan teknologi sensor terkini dengan algoritma pemrosesan data canggih untuk memberikan pengukuran kekasaran yang akurat dan dapat diandalkan secara real-time. Sistem ini dirancang untuk terintegrasi secara mulus ke dalam berbagai proses manufaktur, memungkinkan produsen untuk memantau dan mengoptimalkan kualitas permukaan secara terus-menerus.


Bagaimana EMG SORM® bekerja?

EMG SORM® menggunakan metode Impedansi Elektro-Mekanik (EMI) untuk pengukuran kekasaran permukaan. Sistem ini terdiri dari probe sensor yang kompak yang dipasang pada jalur produksi atau mesin. Probe ini mengandung elemen piezoelektrik yang menghasilkan getaran mekanik frekuensi tinggi ketika dirangsang oleh sinyal listrik. Getaran ini ditransmisikan ke permukaan yang diukur.


Saat getaran berinteraksi dengan permukaan, mereka dipengaruhi oleh karakteristik kekasaran, mengakibatkan perubahan impedansi mekanik elemen piezoelektrik. Sistem EMG SORM® mengukur perubahan impedansi ini dan menganalisanya untuk menentukan parameter kekasaran permukaan sesuai dengan standar industri seperti Ra, Rz, atau Rq.


Manfaat EMG SORM®:

Pemantauan real-time: EMG SORM® memungkinkan produsen untuk memantau kekasaran permukaan secara real-time selama proses produksi. Umpan balik segera ini memungkinkan penyesuaian dan intervensi tepat waktu, mengurangi risiko menghasilkan produk yang tidak sesuai atau standar.


Peningkatan produktivitas: Dengan menyediakan data pengukuran kekasaran yang kontinu, EMG SORM® membantu mengoptimalkan proses manufaktur. Produsen dapat mengidentifikasi dan menangani masalah dengan segera, mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.


Hemat biaya: EMG SORM® menghilangkan kebutuhan akan pengukuran offline dan analisis laboratorium, menghemat waktu dan sumber daya. Kemampuan pengukuran online mengurangi jumlah produk yang ditolak dan mengurangi kebutuhan untuk melakukan pekerjaan ulang, menghasilkan penghematan biaya bagi produsen.


Jaminan kualitas: Dengan pengukuran kekasaran yang akurat dan dapat diandalkan, EMG SORM® memastikan kualitas produk yang konsisten. Produsen dapat menetapkan ambang batas pengendalian kualitas dan secara otomatis mendeteksi adanya penyimpangan, mencegah produk cacat mencapai pasar.


Integrasi yang mudah: EMG SORM® dirancang untuk terintegrasi dengan mudah ke dalam jalur produksi atau mesin yang ada. Ukurannya yang kompak dan pilihan pemasangan yang fleksibel membuatnya dapat disesuaikan dengan berbagai lingkungan manufaktur.


EMG SORM® merupakan kemajuan yang signifikan dalam pengendalian kualitas untuk industri manufaktur. Dengan menawarkan kemampuan pengukuran kekasaran online, sistem ini meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan memastikan kualitas produk yang konsisten. Dengan pemantauan real-time dan umpan balik segera, produsen dapat mengoptimalkan proses mereka dan mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, sistem seperti EMG SORM® memainkan peran penting dalam mendorong efisiensi manufaktur dan kepuasan pelanggan.

Sumber:

EMG Automation GmbH. (n.d.). EMG SORM®. Diakses dari https://www.emg-automation.com/en/measurement-systems/emg-sorm-online-roughness-measurement




5 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page