• hexanasemestaid

Macam-macam Sensor

Dalam fungsinya sensor selalu dikaitkan dalam proses pengubahan dari suatu variabel lain menjadi variabel yang dapat diukur. Proses pengubahan ini sebetulnya bukan tugas dari sensor itu sendiri. Namun, sensor dibantu oleh bagian transduser dalam pengerjaannya.


Lalu transduser itu apa? Transduser adalah suatu alat yang dapat mengubah suatu bentuk variabel hasil pembacaan dari sensor menjadi bentuk variabel lainnya yang biasanya dapat dibaca oleh kita. Bentuk dari variabel-variabel yang diubah diantaranya seperti Listrik, Mekanikal, Elektromagnetik, Cahaya, Kimia, Akustik (bunyi), Panas, dan lain-lain. Dengan kata lain berarti variabel-variabel tersebut adalah variabel yang dapat di sensing oleh Sensor dalam proses akuisisi nya.


Pengkategorian sensor dapat dilakukan sesuai peruntukannya (aplikasinya), sebut saja sensor kecepatan yang digunakan untuk menyinkronkan kecepatan beberapa motor, atau sensor jarak seperti sensor PIR yang juga dapat digunakan untuk membuka pintu otomatis. Pada artikel ini akan disampaikan beberapa sensor dengan aplikasinya.


Sensor yang digunakan untuk mendeteksi kecepatan suatu benda atau kendaraan disebut sebagai sensor Kecepatan. Beberapa contoh jenis sensor ini adalah :


· Sensor kecepatan roda / rotary encoder




· Speedometers


· Lidar


· Pitometer log



Dari beberapa contoh macam sensor di atas dapat kita ketahui, bahwa pada pengaplikasiannya sensor kecepatan roda dapat digunakan untuk mengetahui putaran suatu motor sehingga kita dapat mengetahui berapa RPM putaran motor tersebut.


Kemudian speedometer dapat digunakan untuk mengetahui laju kendaaraan, contoh nya sepeda motor atau mobil yang menggunakan speedometer untuk mengetahui laju kendaraan tersebut.


Sensor LIDAR dapat digunakan untuk mengukur jarak suatu objek teramati terhadap sensor LIDAR sendiri sehingga jika ada perubahan jarak per satuan waktu maka diperoleh kecepatan pergerakan LIDAR terhadap objek teramati atau sebaliknya dan begitu juga untuk sensor-sensor kecepatan yang lain.


Masih banyak lagi sensor-sensor lainnya dapat dijumpai dalam sekeliling kita dan banyak diterapkan di peralatan elektronik seperti sensor suhu pada AC, pemanas air, setrika, pengkondisi suhu mesin dan sebagainya; sensor cahaya pada lampu-lampu di jalan raya yang otomatis akan nyala pada malam hari dan akan mati di siang hari; sensor visual (Kamera) yang terpasang untuk pengawasan di suatu daerah; dan sensor-sensor yang terpasang pada suatu perangkat gawai cerdas (smartphone) seperti GPS, Akselerometer, Giroskop, Magnetometer, Proximity, Barometer, dan lain sebagainya.


PT. Hexana Semesta menjual produk Non-contact Laser Doppler dan Technology Sensor mengukur kecepatan dan panjang pada object dan material yang bergerak pada dunia Industri yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacamnya, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.



4 views0 comments

Recent Posts

See All