• hexanasemestaid

Manfaat Inframerah dalam kehidupan sehari-hari



Teknologi kamera inframerah dapat digunakan dalam berbagai bidang mulai dari kesehatan, konstruksi, olahraga, hingga dunia industri dan lain sebagainya. Kamera inframerah adalah teknologi yang terus berkembang dalam pemanfaatanya dan juga inovasinya. Untuk itu alat ini banyak dicari dan digunakan orang-orang.


Pada dasarnya teknologi ini memanfaatkan radiasi sinar inframerah yang dipancarkan suatu benda yang mempunyai temperatur. Radiasi sinar inframerah ini salah satu keunikanya adalah panjang gelombangnya yang lebih panjang dari cahaya tampak lainya. Setiap benda yang memiliki temperatur pastinya memancarkan radiasi sinar ini. Untuk itulah kamera inframerah dapat digunakan untuk semua benda.


Walaupun dari namanya disebut sinar inframerah, namun pada kenyataanya sinar inframerah adalah gelombang elektromagnetik yang panjang gelombangnya lebih pendek dari gelombang radio. Hal inilah yang menyebabkan kamera infra merah tidak terpengaruh oleh keadaan cahaya di sekitar objek. Kamera inframerah dapat digunakan dalam keadaan gelap sekalipun. Bahkan benda yang terdapat dalam benda juga dapat ditangkap citra gambarnya. Asalkan ada perbedaan temperatur maka setiap objek dapat dikenali.


Kelebihan ini menyebabkan kamera inframerah biasa digunakan untuk mengecek pipa bocor, bangunang retak dan berbagai benda yang secara kasat mata tidak dapat dideteksi kerusakanya. Bayangkan sebuah konstruksi jembatan yang terdapat lubang di dalamnya dan tidak tampak dari luar dibiarkan saja, maka resikonya dapat sangat berbahaya. Kamera inframerah dapat menangkap gejala itu karena lubang yang terdapat dalam beton tentu terdapat perbedaan temperatur diantara keadaan sekitarnya.


Radiasi sinar inframerah yang berupa gelombang elektromagnetik adalah unsur utama yang dimanfaatkan teknologi ini. Dengan berbagai keunggulan dari gelombang ini maka kamera inframerah juga mempunyai keunggulan daripada jenis kamera lain.


Taukah anda apa itu Infra Merah ? Mengapa ada Infra Merah dan apa kegunaannya ?


Infra merah merupakan salah satu radiasi elektromagnetik yang terjadi akibat dari panjang gelombang tetapi panjang gelombang ini tidak lebih panjang dari cahaya dan juga panjang gelombang ini lebih pendek dari pada gelombang radio. Panjang gelombang yang dihasilkan dari infra merah sekitar 700 nm dan 1 mm.


Sejarah infra merah ini ditemukan pada jaman kerajaan Inggris oleh seseorang bernama Wiliam yang mana mengadakan suatu penelitian untuk mencari bahan penyaring optims. Maka ditemukanlah sinar infra merah ini. Ternyata semakin berkembangnya zaman, infra merah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


Berikut manfaat sinar infra merah bagi kehidupan manusia :


Bagi Komunikasi


1. Sebagai Sistem Sensor


Sistem sensor ini berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat yang saling berubungan, pada sensor infra merah ini berfungsi pula untuk mengendalikan jarak jauh antara dua benda komunikasi tersebut sehingga dapat digunakan untuk beberapa hal seperti otomatisasi sistem, alarm keamanan sebuah tempat, dan pengendali jarak jauh.


Dengan adanya fungsi sistem sensor ini tentu akan memudahkan berbagai aktivitas yang akan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kemampuan sesor infra merah ini pun ternyata baik untuk kesehatan.


2. Sebagai Kamera Tembus Pandang


Sinar infra merah ini bermanfaat untuk meneruskan cahaya pada sinar infra merah agar kemampuan kamera maupun kemampuan video menjadi lebih meningkat. Kemampuan ini sudah banyak pula diaplikasikan pada kamera hp.


Dengan demikian, adanya inframerah dalam handphone atau kamera dan video ini akan membantu kualitas gambar pada kamera ataupun video menjadi lebih baik. Maka dari itu sinar inframerah kini banyak digunakan untuk pelengkap alat komunikasi.


3. Sebagai Pencitraan Pandangan


Salah satu contoh manfaat infra merah bagi komunikasi adalah sebagai pencitraan pandangan, salah satu contohnya adalah nightscoop. Nightscoop merupakan alat pengelihatan yang dapat digunakan dimalam hari, dengan adanya sinar infra merah ini tentu membantu pengelihatan di malam hari akan lebih tampak dan lebih mudah lagi.


4. Sebagai Komunikasi Jarak Dekat


Manfaat lain yang diberikan oleh infra merah adalah untuk mengkontrol remot tv, dan beberapa benda lainnya yang tembus pandang, karena pada dasarnya sinar infra merah ini tidak dapat menembus benda yang tidak tembus pandang seperti tembok.


5. Sebagai Komunikasi Jarak Jauh


Selain bermanfaat untuk komunikasi jarak dekat, inframerah memiliki manfaat kontrol jarak jauh. Kurang lebih kerja inframerah akan baik sampai pada 10 meter, jarak inipun terhitung tanpa adanya penghalang.


6. Sebagai Komunikasi Tanpa Kabel


Saat ini banyak sekali alat komunikasi yang ada di dunia tanpa menggunakan kebel, ternyata alat komunikasi tersebut merupakan manfaat dari infra merah karena inframerah dapat memberikan konektivitas dari perangkat satu ke perangkat lainnya dengan menggunakan aplikasi inframerah. Seperti layaknya bluetooth, sinar inframerah pun memiliki manfaat yang sama, namun sayangnya sinar infra merah ini memiliki kekurangan yaitu dalam proses konektivitas dengan perangkat lain ia tidak boleh terlalu jauh. Bahkan terkadang posisi dalam konektivitas infra merah ini harus dihadapkan satu dengan yang lainnya.


7. Meningkatkan Sirkulasi


Pada tingkat inframerah ini peningkatan sirkulasi yang dapat dilakukan adalah peningkatan sirkulasi mikro. Adanya inframerah pada molekol air akan memberikan rasa panas, sehingga dapat menyebabkan pembuluh kapiler menjadi membesar.

Hal ini dapat membuat meningkatnya suhu kulit dan akibat peningkatan suhu kulit tersebut akan membantu memperbaikan sirkulasi darah sehingga mampu mengurangi tekanan jantung sehingga tidak menyebabkan gagal jantung.


8. Meningkatkan cairan pada Tubuh


Molekul yang ada ditubuh ternyata ketika terkena inframerah akan bergetar. Sinar inframerah membuat molekul air bergetar dan membuat molekul air menjadi pecah sehingga membuat molekul itu menjadi melekul tunggal, dimana melekul tunggal tersebut dapat membantu meningkatkan cairan tubuh yang hilang karena terlalu banyak melakukan aktivitas.


9. Mencegah Asam Urat


Inframerah dapat mengembangkan Ph yang ada didalam tubuh, bahkan inframerah dapat membantu membersihkan darah serta dapat membantu memperbaiki tekstur kulit anda, hal ini tentu akan membantu tubuh anda terhindar dari asam urat, serta dapat menghindari tubuh anda dari penyakit rematik.


10. Sebagai Alat Kesehatan


Saat ini sangat banyak alat-alat kesehatan yang memanfaatkan sinar inframerah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dengan merancang alat-alat medis yang mengandung inframerah, sinar inframerah yang ada pada alat-alat kesehatan dapat digunakan sebagai penyembuhan.


Hal ini dikarenakan pancaran yang diberikan sinar inframerah mampu membantu organ-organ tubuh memancarkan informasi keadaan kesehatan yang dialami oleh pasien, sehingga hal ini akan membantu dokter mempermudah mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang dan bagaimana penyembuhannya.


Itulah beberapa fungsi atau manfaat infra merah dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun inframerah ini terkadang tidak kasat mata, tetapi sangat banyak fungsi serta manfaat yang dapat diberikan inframerah dalam mempermudah kehidupan sehari-hari.


Untuk mempermudah dalam menggunakan inframerah, PT. Hexana Semesta menjual Infrared Thermometer dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacam Infrared Thermometer, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.


13 views0 comments

Recent Posts

See All