• hexanasemestaid

Panel surya pembangkit listrik tenaga matahari di Indonesia



Seperti yang kita tau Indonesia memiliki karunia sinar matahari yang lebih. dimana di setiap pelosok Indonesia matahari bersinar dengan terik sehingga sangat panas, setiap hari matahari bersinar mulai dari pagi sampai sore. Oleh karna itu energi matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan panel Surya.


Pembangkit listrik energi matahari ramah lingkungan dan sangat menjanjikan. Sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik menggunakan uap (dengan minyak dan batubara).


Pada saat ini penggunaan tenaga matahari masih dirasakan mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita gunakan saat ini sebenarnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit tenaga listrik uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.


Dalam nilai ke-ekonomian, pembangkit listrik tenaga surya memiliki nilai yang lebih tinggi, dimana listrik dari PLN tidak dimungkinkan, ataupun instalasi generator listrik bensin ataupun solar. Misalnya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dll. Dari segi jangka panjang, nilai ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik tenaga surya dengan panel surya memiliki daya tahan 20 - 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 - 5 tahun.


Keuntungan menggunakan listrik mandiri dengan menggunakan solar panel / panel surya:

  • Energi yang terbarukan atau tidak pernah habis.

  • Menghemat listrik dalam jangka panjang.

  • Umur panel surya / investasi jangka panjang.

  • Mengurangi pemanasan global.

  • Bersih dan ramah lingkungan.

  • Praktis, tidak memerlukan perawatan.

  • Tidak tergantung dengan PLN.

  • Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.


Komponen-komponen yang diperlukan untuk instalasi listrik tenaga surya, terdiri dari:

Disini kita akan membahas tentang komponen-komponen yang diperlukan untuk instalasi listrik tenaga surya, terdiri dari:

  • Panel surya / solar panel mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Sel silikon (disebut juga solar cells) yang disinari matahari/ surya, membuat photon yang menghasilkan arus listrik. Sebuah solar cells menghasilkan kurang lebih tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel (untuk menghasilkan 17 Volt tegangan maksimum). Umumnya kita menghitung maksimum sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Tenaga listrik pada pagi – sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik bisa digunakan pada malam hari, dimana tanpa sinar matahari.

  • Solar charge controller berfungsi mengatur lalu lintas dari solar cell ke baterai dan beban. Alat elektronik ini juga mempunyai banyak fungsi yang pada dasarnya ditujukan untuk melindungi baterai.

  • Inverter perangkat elektrik yang mengkonversikan tegangan searah (DC – direct current) menjadi tegangan bolak balik (AC – alternating current).

  • Baterai berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya sebelum dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. Beban dapat berupa lampu penerangan atau peralatan elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.

PT. Hexana Semesta menjual Panel Surya dengan Brand GCL dengan kualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya sehingga dapat menghemat biaya tagihan listrik anda. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai segala manfaat serta keuntungan menggunakan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami di bawah ini:



3 views0 comments

Recent Posts

See All