• hexanasemestaid

Pengertian Electro-Hydraulic Servo



Sistem elektro hidrolik banyak digunakan di industri mulai dari aplikasi dengan daya tinggi hingga operasi peralatan yang membutuhkan presisi dan akurasi. Elektro hidrolik memliki respon yang cepat dan tenaga yang besar. Elektro hidrolik merupakan gabungan dari komponen elektrik dan hidrolik. Sistem ini biasanya menggunakan zat cair, umumnya oli.


Cara kerja elektro-hidrolik adalah pompa hidrolik mendorong minyak yang berada pada tangki menuju valve. Ketika valve tertutup maka hidrolik akan bertekanan tinggi karena minyak yang dipompa tidak dapat dialirkan. Untuk menjaga hidrolik dari tekanan tinggi terus menerus, maka valve akan terbuka. Saat valve terbuka, piston akan bergerak sehingga minyak mampu memenuhi ruang 1. Bersamaan dengan bergeraknya piston, minyak yang berada pada ruang 2 akan terdorong menuju ke filter.


Untuk menggerakkan komponen dengan daya yang besar, hidrolik hanya menggunakan input daya yang kecil. Akan tetapi, pergerakan fluida harus diatur dengan tepat agar hidrolik bekerja dengan benar. Di samping itu, pergerakan hidrolik yang tidak linier juga sangat berpengaruh pada sistem kerja dan fungsinya.


Fail Safe Bias Spring

Pada electrohydraulic servovalve, terdapat sebuah sistem pengaman yang digunakan untuk mengantisipasi kegagalan apabila seluruh power dan atau sinyal kontrol hilang. Sistem tersebut berupa sebuah pegas (spring nullbias) yang memiliki fungsi menggerakkan aktuator hidrolik ke posisi kegagalan yang aman. Pegas tersebut terletak di dalam electrohydraulic servo valve, tepatnya pada salah satu sisi alat tersebut.


Hydraulic Oil Supply

Hydraulic Oil Supply merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menyuplai oli hidrolik bertekanan tinggi yang nantinya akan digunakan untuk keperluan kontrol turbin gas. Suplai oli hidrolik ini tidak hanya digunakan untuk suplai bagi electrohydraulic servovalve saja, tetapi juga untuk trip oil pada sistem proteksi turbin gas.


PT. Hexana Semesta merupakan Exclusive Sole Agent dari EMG-Electro Mechanic GmbH Germany di Indonesia yang menawarkan produk di atas. Jika ingin mengetahui lebih lanjut untuk produk-produk Strip Guiding System bisa menghubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini:



13 views0 comments

Recent Posts

See All