top of page
  • hexanasemestaid

PENGUKURAN KETEBALAN LAPISAN LAPISAN INSULASI PADA BAJA LISTRIK OLEH MESACON F2800EL

Diperlukan lapisan yang sangat konstan di seluruh lebar dan panjang material yang akan diproduksi. Jika batas atas atau bawah lapisan terlampaui; faktor susun atau resistensi dipengaruhi. Pelapisan berlebih serta kelemahan dalam hambatan listrik pelapisan dapat dikurangi secara drastis dengan menggunakan sistem pengukuran ketebalan lapisan Mesacon F2800.


Sistem pengukuran sebelumnya, bahkan berdasarkan prinsip pengukuran umum yang sama, tidak dapat mengukur program produksi penuh dengan akurasi yang andal. Tugas Mesacoń adalah merancang F2800EL baru berdasarkan sistem F2800 yang sudah ada tetapi dengan kemampuan untuk mengukur program produksi penuh dari lini pelapisan baja silikon.


Prinsip Pengukuran dan Perancangan Sistem Dasar

Mesacon F2800 adalah alat pengukur ketebalan lapisan berdasarkan prinsip hamburan balik beta. Sumber isotop memancarkan pancaran sinar beta konstan yang dihamburkan balik oleh material lapisan permukaan. Radiasi backscattered menghasilkan arus karena proses ionisasi di dalam ruang ionisasi stabil tinggi.


Arus ini diperkuat menjadi sinyal yang memadai untuk pemrosesan data lebih lanjut. Mempertimbangkan kurva kalibrasi yang ditentukan dari lapisan yang diukur, nilai yang sesuai untuk ketebalan lapisan dihitung. Untuk menghindari pengaruh dari berbagai jenis bahan dasar; sistem F2800 dilengkapi dengan sistem pengukuran dasar.


  1. Pengukuran bahan dasar dengan perangkat berputar atau unit linier;

  2. Pengukuran lapisan sisi atas dengan satuan linier

  3. Pengukuran pelapisan sisi bawah dengan satuan linier

  4. Tombol / lampu kontrol di tempat

  5. Proses Coupling Unit / Sambungan ke Line Automation System

  6. HMI


Tata Letak Sensor dan Mekanis

Unit bergerak linier yang dirancang untuk operasi 24/7 digunakan untuk gerakan pemindaian sensor. Braket pemasangan dengan sampel untuk penyesuaian nol dan kalibrasi disertakan. Sistem beroperasi dalam mode otomatis penuh tanpa tindakan apa pun dari operator.


  1. Pemegang sampel untuk kalibrasi dan penyesuaian nol

  2. Unit linier untuk pengoperasian sensor

  3. Sensor hamburan balik


Pengukuran atas dan bawah dipasang pada set gulungan-S atau gulungan defleksi Visualisasi HMI Fleksibilitas perangkat lunak Mesacon F-Series memungkinkan adaptasi penuh HMI untuk pengoperasian, pemeliharaan, dan pelaporan offline. Visualisasi dan antarmuka dapat disesuaikan dengan garis apa pun dan desain serta kemampuan yang berbeda dari pelapis itu sendiri.


  1. Profil panjang tebal

  2. Profil silang tebal

  3. Posisi pemindaian pengukur saat ini

  4. Ketebalan arus sebagai grafik batang

  5. Ketebalan arus dalam digit

  6. Indikasi status keamanan

  7. Data koil

Sistem pengukuran Mesacon F2800 ditingkatkan menjadi sistem pengukuran ketebalan lapisan insulasi F2800EL dengan kemampuan untuk mengukur lapisan yang sangat tipis secara andal untuk portofolio produksi penuh pelanggan hingga 0,5µm. Dengan mengganti sistem dari pemasok lain berdasarkan prinsip pengukuran yang sama, pelanggan mencapai kemungkinan untuk meminimalkan konsumsi lapisan insulasi.


Selain pengurangan jumlah lapisan, ketebalan lapisan dapat dipertahankan pada tingkat rendah yang konstan dengan menyimpan semua data resistansi isolasi yang relevan. Ini memungkinkan optimalisasi faktor susun untuk produsen transformator dan motor listrik.


Sekian pembahasan mengenai pengukuran ketebalan lapisan lapisan insulasi pada baja listrik oleh mesacon F2800EL. Jika Anda membutuhkan produk tersebut untuk mempercepat kinerja pada proses produksi perusahaan anda, jangan ragu menghubungi kami PT. Hexana Semesta. Untuk info lebih lanjut Produk-Produk EMG bisa menghubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini:




Source: doc of Detlef Jährling Wolfgang Pilz

8 views0 comments

Recent Posts

See All

Commentaires


bottom of page