• hexanasemestaid

Peran dan Jenis Sensor dalam Mendukung Otomatisasi Industri

Peran dan Jenis Sensor dalam Mendukung Otomatisasi Industri – Otomatisasi industri atau yang umumnya disebut industrial automation, merupakan sistem yang terhubung dengan IoT (Internet of Things) dalam proses pengoperasian peralatan maupun mesin industri dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan sistem, sehingga dapat dikontrol melalui panel, device, maupun perangkat lainnya. Otomatisasi industri ini berperan penting dalam menyambut masa depan teknologi, dengan tujuan agar produksi semakin efisien dan produktif sekaligus mengurangi resiko kecelakaan kerja.


Berkaitan dengan teknologi IoT sendiri, konektivitas merupakan hal utama dalam pendistribusian data untuk selanjutnya sistem dapat menentukan cara kerja yang dibutuhkan. Perangkat yang digunakan dalam hal ini adalah sensor, dengan fungsi untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan mengenai lingkungan eksternal mesin maupun internal. Dalam industri sendiri, sensor memainkan peran penting karena memungkinkan operator maupun pelaku industri untuk mendeteksi, menganalisis, mengukur, dan memproses berbagai kebutuhan data seperti perubahan posisi, panjang, tinggi, lingkungan eksterior, serta kemungkinan dislokasi yang terjadi dalam suatu proses produksi.


Sebetulnya sensor sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia, dan bahkan kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Seperti sensor jarak pada smartphone, pintu geser otomatis, tempat sabun cuci tangan otomatis, hand dryer otomatis, hingga kendaraan yang digunakan sehari-hari yang tentu memiliki beberapa jenis sensor untuk mengetahui kondisi kendaraan tersebut.


Bicara mengenai jenis, terdapat beberapa jenis sensor yang mendukung proses IoT bagi suatu industri. Masing-masing jenis sensor memiliki peran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan data yang diperlukan. Berikut ini adalah salah satu jenis sensor dalam industri yang dipergunakan untuk penerapan sistem IoT:


Proximity Sensor (Sensor Jarak)











Sensor jarak atau Proximity Sensor digunakan untuk mendeteksi objek di dekat sensor. Jenis sensor ini bekerja dengan cara memancarkan medan elektromagnetik atau sinar radiasi seperti inframerah. Sensor ini dapat pula mendeteksi gerakan yang dihasilkan obyek maupun subyek ketika mendekat ke titik sensor.


Berikut adalah Jenis-jenis proximity sensor :

  1. Inductive Proximity. Inductive Proximity berfungsi untuk mendeteksi objek logam. Prinsip kerja dari proximity inductive adalah apabila ada tegangan sumber maka osilator yang ada pada proximity akan membangkitkan medan magnet dengan frekuensi tinggi. Jika sebuah benda logam di dekatkan pada permukaan sensor maka medan magnet akan berubah. Perubahan pada osilator ini akan dideteksi sensor sebagai sinyal adanya objek. Contoh Inductive Proximity ini biasanya digunakan pada metal detector di bandara. Sensor proximity ini akan mendeteksi adanya objek logam walaupun tidak terlihat.

  2. Capacitive Proximity. Sensor Capacitive Proximity mampu mendeteksi objek logam maupun non logam. Prinsip kerja dari proximity capacitive adalah dengan cara mengukur perubahan kapasitansi medan listrik sebuah kapasitor yang disebabkan oleh sebuah objek yang mendekatinya. Capacitive proximity ini biasanya digunakan pada bumper mobil atau bagian mobil yang lainnya. Manfaat sederhananya adalah untuk memudahkan mobil parkir, karena sensor ini akan bekerja apabila mendekteksi benda-benda pada jarak tertentu sehingga mobil tidak akan menabrak benda tersebut.

  3. Sensor Proximity Optik. Sensor ini mendeteksi adanya objek dengan cahaya biasanya adalah infra red. Proximity optik ini terdiri dari sebuah cahaya dan penerima (receptor) yang mendeteksi sebuah benda dengan refleksi. Jika benda dalam jarak yang sensitif atau benda mengenai cahaya dari sensor, maka cahaya akan memantul kembali ke penerima dan mengindikasikan bahwa terdapat sebuah benda yang tertangkap sensor.


PT. Hexana Semesta menjual produk Non-contact Laser Doppler dan Technology Sensor mengukur kecepatan dan panjang pada object dan material yang bergerak pada dunia Industri yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacamnya, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.


13 views0 comments

Recent Posts

See All