top of page
  • hexanasemestaid

EMG IMPOCPro



Kekuatan tarik dan titik leleh adalah properti penting dari bahan yang digunakan dalam berbagai industri, seperti otomotif, aerospace, dan konstruksi. Pengukuran properti ini dengan akurat sangat penting untuk memastikan kualitas dan keandalan dari bahan tersebut. Secara tradisional, ini telah dilakukan menggunakan metode pengujian mekanik yang memerlukan peralatan khusus dan operator terlatih. Namun, dengan munculnya teknologi baru, pengukuran online dari properti ini menjadi mungkin.


Salah satu teknologi tersebut adalah EMG IMPOCPro, sebuah sistem pengukuran online yang menggunakan transduser elektromagnetik-akustik (EMAT) untuk mengukur kekuatan tarik dan titik leleh bahan secara real-time. EMAT menghasilkan dan mendeteksi gelombang ultrasonik dalam bahan tanpa perlu kontak fisik, sehingga ideal untuk digunakan dalam lingkungan yang keras atau dengan bahan yang sulit diakses.


Sistem EMG IMPOCPro terdiri dari sensor yang dipasang pada bahan yang diuji dan unit akuisisi data yang merekam sinyal ultrasonik. Sensor menghasilkan medan magnetik frekuensi rendah yang menginduksi arus belitan di dalam bahan, yang pada gilirannya menghasilkan gelombang ultrasonik. Gelombang ini menyebar melalui bahan dan dideteksi oleh sensor yang sama. Dengan menganalisis karakteristik gelombang ultrasonik, sistem EMG IMPOCPro dapat menentukan kekuatan tarik dan titik leleh bahan.


Salah satu keuntungan utama dari sistem EMG IMPOCPro adalah kemampuannya untuk mengukur properti ini secara real-time, memungkinkan untuk pemantauan yang terus-menerus dari bahan selama produksi. Ini dapat membantu mengidentifikasi cacat atau ketidaksesuaian pada bahan sebelum menjadi masalah, mengarah pada perbaikan kontrol kualitas dan penghematan biaya. Selain itu, sistem ini non-destruktif, yang berarti bahwa bahan dapat diuji tanpa merusaknya, memungkinkan untuk pengujian atau penggunaan lebih lanjut.


Sistem EMG IMPOCPro juga mudah digunakan dan memerlukan pelatihan minimal. Sensor dapat dengan mudah dipasang pada bahan menggunakan klam magnetik atau perekat, dan unit akuisisi data dapat dioperasikan menggunakan antarmuka yang sederhana. Ini membuatnya menjadi pilihan yang layak untuk digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi.


Sebagai kesimpulan, sistem EMG IMPOCPro adalah alat yang berharga untuk pengukuran online kekuatan tarik dan titik leleh. Penggunaannya EMAT memungkinkan pengujian non-destruktif, real-time dari bahan, yang dapat meningkatkan kontrol kualitas dan penghematan biaya. Kemudahan penggunaannya dan fleksibilitasnya menjadikannya pilihan yang berharga untuk berbagai industri dan aplikasi.




Source: EMG Automation GmbH: https://www.emg-automation.com/

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page