• hexanasemestaid

Fungsi dan Penggunaan Thermal Imager untuk Inspeksi Mesin Industri



Pada umumnya di dunia industri sendiri pasti memiliki dan mempunyai mesin yang mereka gunakan untuk entah itu proses produksi, penunjang kualitas dan sebagainya, Semua mesin industri sendiri pastinya harus dilakukannya inspeksi dan perawatan secara rutin. Mengapa inspeksi mesin industri harus dilakukan ? nah selanjutnya mari kita bahas lebih lanjutnya.


Dengan melakukan inspeksi dan perawatan mesin secara rutin memberikan banyak manfaat tentunya, antara lain menjaga kondisi mesin tetap stabil dan aman sehingga kinerja mesin Industri bisa berjalan maksimal dan meminimalisir adanya eror atau gangguan yang dapat mengganggu proses kelangsungan kehidupan pada dunia industri sendiri.


Kita cermati bahwa satu mesin rusak atau mati saja pasti sangat menimbulkan masalah pada kelangsungan di suati dunia industri bukan ? nah maka dari itu kita perlu melakukan adanya perawatan atau inspeksi secara rutin kepada mesin industri sehingga mesin yang digunakan pada dunia industri dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang diharapkan.


Dalam mesin industri sendiri, temperatur yang tinggi sering muncul terjadi dan dapat mengakibatkan over atau beban panas yang berlebihan yang bisa mengakibatkan kerusakan atau ketidak stablian. Temperatur yang tinggi pada sebuah mesin dengan proses secara terus menerus dan berjalan dalam waktu yang lama akan membuat beban mesin cukup berat, sehingga akan menimbulkan kerusakan. Padahal mesin sendiri berperan penting dalam dunia industri, tanpa adanya mesin tentu industri tidak bisa berjalan.

Ilustrasi Mesin Industri yang mengalami panas. jika Melebihi batas dapat terjadi over dan mengakibatkan gangguan


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui suhu mesin normal atau tidaknya yaitu dengan menggunakan sebuah alat yang dinamai kamera inframerah atau Thermal Imager. Thermal Imager sangat membantu dalam memberikan informasi yang akurat mengenai temperatur pada bagian-bagian mesin. Alat ini bisa digunakan meski kondisi mesin masih bekerja, sehingga proses produksi tidak terganggu karena adanya tindakan inspeksi.


Adapun bagian-bagian utama mesin industri yang mesti dilakukan pemeriksaan yaitu peralatan mekanis, atau bahkan struktur penguat pemrosesan dan instalasi listrik. Sangat penting sekali untuk melakukan pengecekan pada bagian instalasi listrik mesin, bagian tersebut merupakan bagian utama dari sebuah sistem mesin industri sebab di sanalah pusat tenaga berasal.


Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala menggunakan Thermal Imager dapat kita ketahui dan temukan suhu berada di atas normal maka kita bisa segera melakukan tindakan untuk segara diatasi sehingga kinerja mesin industri akan berjalan sesuai harapan, selain itu mencegah adanya gangguan ataupun kecelakaan yang terjadi pada mesin yang bisa membahayakan nyawa setiap pekerja yang mana pekerja merupakan salah satu aset penting dalam kelangsungan dan kemajuan perusahaan atau dunia industri.


Untuk mempermudah dalam menggunakan inframerah, PT. Hexana Semesta menjual Infrared Camera dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacam Infrared Camera, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.


Source : https://uji.co.id/fungsi-dan-penggunaan-thermal-imager-untuk-inspeksi-mesin-industri/




5 views0 comments

Recent Posts

See All