top of page
  • hexanasemestaid

Infrared CCTV



Dalam sebuah unit kamera CCTV terdapat 1 elemen penting yang dapat meningkatkan kinerja dan performa CCTV itu sendiri. Infrared, satu radiasi elektromagnetik yang dalam unit kamera CCTV tugasnya mengapdatasi gambar dalam ruangan gelap yang sejatinya tidak bisa dengan jelas ditampilkan pada layor monitor menjadi jelas ditempilkan karena telah diadaptasi kedalam mode gambar hitam putih.


Bicara mengenai sejarah, inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang.


Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optis yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop tata surya.


Sinar Infrared akan terlihat, jika dilihat dengan menggunakan spektroskop cahaya dengan begitu maka radiasi cahaya Infrared akan nampak pada spectrum elektromagnet yang mana panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan adanya panjang gelombang maka cahaya Infrared yang ada, tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Walaupun begitu ridiasi yang dihasilkan yaitu panas, akan terasa atau terdetaksi oleh kulit tubuh. Infrared dapat dibedakan menjadi tiga daerah, yaitu:


· Inframerah jarak dekat dengan panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm

· Inframerah jarak menengah dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm

· Inframerah jarak jauh dengan panjang gelombang 10 – 100 µm


Dalam unit kamera CCTV infrared memiliki keunggulan yang sering kita lihat pada tampilan monitor CCTV yang ditangkap oleh kamera pada malam hari. Secara detailnya keunggulan jenis Kamera CCTV infrared adalah ia dapat menangkap video walaupun dalam kegelapan total dan dapat menangkap kualitas video yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Sejumlah cahaya yang berada di sekitar lokasi juga akan membantu kemampuan penglihatan kamera IR pada malam hari.


Keuntungan kamera CCTV infrared/ inframerah adalah:

Kamera infrared menghasilkan video warna beresolusi tinggi pada siang hari. Keunggulannya adalah ia mampu memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi lux rendah atau tidak ada cahaya sama sekali.


Pada kondisi cahaya yang rendah, sebuah kamera CCTV infrared akan mampu menerangi lokasi dengan secara otomatis beralih dari mode warna ke hitam putih. Iluminator inframerah akan hidup pada kondisi gelap dan memungkinkan Anda untuk melihat lingkungan sekitar lebih jelas dibandingkan dengan melihat dengan mata manusia biasa.

  • Bisa digunakan sebagai kamera indoor maupun luar ruangan, kamera cctv infrared memberikan keuntungan yang sangat besar dalam cahaya rendah atau tidak ada cahaya.

  • Tahan cuaca (weatherproof) dan dapat menahan suhu panas dan dingin walaupun tanpa housing tambahan.

  • Kamera CCTV infrared indoor menawarkan gambar video yang jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.

Kamera inframerah biasanya di rumah-rumah dan bisnis yang mematikan lampu mereka pada malam hari atau untuk memantau kondisi lingkungan pada malam hari. Fitur lain kamera infrared yaitu memiliki kemampuan untuk beralih dari mode infrared (yang menangkap gambar hitam putih) ke mode warna non-inframerah dengan cepat.


Oleh karena itu PT. Hexana Semesta menjual kamera infrared dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat macamnya anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.



https://www.cctvgaruda.com/content/68-infrared-sejarah-jenis-manfaat-keunggulan-dan-kelemahan


11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page