• hexanasemestaid

Apa itu iradiasi, bagaimana mengukurnya dan untuk apa?


Hari ini kita akan berbicara tentang jenis variabel yang cukup penting dalam menentukan jenis iklim di suatu wilayah. Ini tentang radiasi. Iradiasi adalah besaran yang mengukur energi per satuan luas radiasi matahari yang terjadi pada permukaan tertentu. Jumlah radiasi matahari yang mengenai permukaan diukur selama ruang dan waktu yang ditentukan.


Iradiasi adalah besaran yang membantu kita mengukur seberapa banyak radiasi matahari jatuh pada permukaan tertentu dan selama waktu tertentu. Diketahui bahwa tidak semua radiasi matahari yang dihasilkan matahari mencapai planet kita. Iradiasi dinyatakan dalam satuan daya per luas. Biasanya nilai dinyatakan dalam watt per meter persegi. Jika kita mengacu pada iradiasi matahari, kita akan berbicara tentang jumlah radiasi yang diterima permukaan tertentu per unit waktu.


Misalnya, kita dapat mengatakan bahwa penyinaran di suatu tempat adalah 10 watt per meter persegi dan jam. Artinya jumlah radiasi matahari ini turun menjadi satu meter persegi setiap jam. Dengan cara ini, kita dapat mengetahui berapa banyak radiasi matahari yang diterima permukaan tertentu dari waktu ke waktu untuk menentukan jenis iklim yang berlaku di daerah tertentu.


Kita tahu bahwa radiasi matahari merupakan variabel penting untuk nilai suhu di suatu tempat. Jika tempat ini menerima radiasi matahari dalam jumlah besar, wajar jika suhunya lebih tinggi. Selain itu, nilai-nilai ini adalah nilai-nilai yang membentuk rezim angin yang berlaku dan beberapa fenomena atmosfer yang menimbulkan presipitasi. Matahari adalah mesin yang menyebabkan fenomena atmosfer seperti presipitasi dihasilkan di troposfer. Ini adalah radiasi matahari yang memanaskan sebagian permukaan, menyebabkan udara di sekitarnya menjadi panas dan cenderung naik.


Di area di mana udara naik, semacam celah akan dibuat yang harus diisi oleh massa udara lain. Beginilah cara rezim angin didirikan. Semakin banyak perbedaan antara kepadatan udara, semakin besar angin yang bertiup. Selain itu, ini adalah kondisi yang menguntungkan untuk penciptaan anticyclones dan badai.


Jenis penyinaran


Ada beberapa jenis penyinaran tergantung pada karakteristik dan asalnya. Kami akan menganalisis masing-masing langkah demi langkah:

  1. Total iradiasi matahari: pengukuran yang mencakup semua panjang gelombang per unit akan mempengaruhi atmosfer bagian atas planet kita. Biasanya diukur tegak lurus terhadap sinar matahari yang memasuki atmosfer.

  2. Penyinaran normal langsung: Ini adalah salah satu yang mengukur permukaan bumi di lokasi tertentu. Untuk melakukan ini, elemen digunakan di permukaan yang ditempatkan tegak lurus dengan matahari. Total radiasi langsung akan sama dengan radiasi ekstraterestrial di atas atmosfer, dikurangi kehilangan atmosfer akibat penyerapan dan hamburan cahaya oleh angin dan awan. Kehilangan ini dapat ditambah atau dikurangi tergantung pada waktu, lintang, keruh, dan kadar air, antara lain.

  3. Iradiasi horizontal difus: Ia juga dikenal dengan nama radiasi langit difus. Ini adalah radiasi di mana radiasi dari cahaya yang tersebar melalui atmosfer mencapai permukaan bumi. Kuantitas ini dapat diukur pada permukaan horizontal dengan radiasi yang berasal dari semua titik di langit. Jika atmosfer tidak ada, tidak akan ada radiasi horizontal yang menyebar.

  4. Iradiasi horizontal global: Akhirnya, jenis penyinaran inilah yang mengukur total radiasi matahari pada permukaan horizontal di bumi. Ini dihitung sebagai jumlah dari radiasi langsung dan radiasi horizontal difus.

Semua nilai ini ditetapkan untuk mengetahui karakteristik iklim suatu wilayah tertentu. Selain itu, ini digunakan dalam berbagai penelitian untuk pengembangan dan pembangunan energi terbarukan yang bekerja dengan matahari.


Contohnya adalah energi surya fotovoltaik. Untuk melakukan studi kelayakan energi surya fotovoltaik, perlu diketahui besarnya radiasi matahari yang akan mempengaruhi permukaan atap rumah sepanjang tahun. Selain itu, nilai variabel lain seperti tutupan awan, kelembaban dan rezim angin, antara lain akan dibutuhkan.


Kami berharap dengan informasi ini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang radiasi. PT. Hexana Semesta menjual Panel Surya dengan Brand GCL dengan kualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya sehingga dapat menghemat biaya tagihan listrik anda. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai segala manfaat serta keuntungan menggunakan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami di bawah ini:




8 views0 comments

Recent Posts

See All