top of page
  • hexanasemestaid

Apa itu Sel Surya Perovskite? Alternatif Pengganti Silikon



Perovskit adalah bahan dengan struktur kristal khas yang mirip dengan mineral dengan nama yang sama yang pertama kali ditemukan di Rusia pada tahun 1839. Ada banyak jenis perovskit, tetapi yang paling menarik untuk industri tenaga surya adalah kristal yang terbuat dari bahan organik dan anorganik. molekul yang terhubung ke atom timbal atau timah. Strusktur tersebut memiliki molekul 8 sisi yang disebut timbal halida (atom timbal yang terhubung ke 6 atom halogen baik yodium, klor, atau bromin), mengelilingi molekul yang lebih kecil yang disebut kation metilamonium.


Alasan Perovskit Sangat Penting

Perovskit menarik karena beberapa alasan, tetapi alasan yang berkaitan dengan efek fotovoltaik yaitu energi dari cahaya. Timah atau timbal yang ada dalam bahan ini bagus untuk membuat sel surya dengan cara yang sama seperti silikon digunakan untuk membuat sel surya.


Atom dari unsur-unsur ini ideal untuk membentuk molekul dengan atom lain yang merupakan bahan semikonduktor, yang elektronnya dapat dieksitasi oleh energi cahaya dan diarahkan sepanjang kawat untuk menghasilkan listrik. Tidak seperti kristal silikon, kristal perovskit cukup mudah dibuat dalam kondisi yang cukup normal.


Silikon pertama-tama harus dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi untuk menghasilkan bahan dengan kemurnian dan struktur kristal yang tepat untuk menghasilkan listrik. Perovskit dapat dibuat dengan mencampur bahan kimia dalam larutan dan melapisi permukaan dengan larutan tersebut.


Prosesnya sedikit lebih rumit, di masa depan kemungkinan memproduksi sel surya perovskit akan jauh lebih murah dan lebih mudah daripada membuat sel silikon. Perovskit juga penting karena kemampuannya untuk menghasilkan listrik dapat disetel dengan mengontrol jenis molekul yang dihasilkan dalam proses manufaktur.


Penyetelan ini menghasilkan bahan dengan celah pita yang ideal, yaitu jumlah energi yang dibutuhkan untuk mendorong elektron ke tingkat energi yang lebih tinggi sehingga dapat membawa muatan listrik melintasi rangkaian.


Sel surya Perovskit masih dalam tahap awal industrialisasi, dan formulasi, peralatan, serta prosesnya masih dalam tahap iterasi berkelanjutan. Setelah proses produksi massal modul area besar matang, baterai perovskite akan mengambil jalur komersialisasi yang berbeda dari silikon kristal dengan biaya listrik yang lebih rendah dan skenario aplikasi yang lebih kaya.


Sebagai pemimpin global dalam industrialisasi modul surya perovskit, GCL Optoelektronik jauh di depan dalam efisiensi konversi persiapan perovskit area besar dan peningkatan kemajuan jalur produksi massal 100MW.


PT. Hexana Semesta sebagai Agen Tunggal Eksklusif untuk GCL System Integration Technology di Indonesia yang menjual varian tipe Panel Surya yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya demi menghemat biaya tagihan listrik anda. Untuk melihat informasi selengkapnya mengenai segala manfaat dan keuntungan menggunakan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.



11 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page