top of page
  • hexanasemestaid

EMG BREIMO



Dalam proses pengolahan logam datar, pengukuran lebar pita adalah aspek penting untuk memastikan dimensi yang akurat dan kualitas yang konsisten pada produk akhir. Secara tradisional, pengukuran lebar pita dilakukan secara manual dengan pengukur fisik, yang rentan terhadap kesalahan manusia dan memakan waktu yang lama.


Namun, dengan kemajuan teknologi, EMG Automation GmbH telah mengembangkan EMG BREIMO, sebuah sistem inovatif yang memanfaatkan sensor canggih dan pemrosesan data yang cerdas untuk melakukan pengukuran lebar pita secara otomatis. Artikel ini akan menjelaskan EMG BREIMO dan manfaatnya dalam meningkatkan pengendalian kualitas dan efisiensi proses pengolahan logam datar.


Apa itu EMG BREIMO?

EMG BREIMO (Break Image Control) adalah sistem pengukuran lebar pita yang dikembangkan oleh EMG Automation GmbH. Sistem ini dirancang khusus untuk aplikasi di industri pengolahan logam datar, seperti produksi baja lembaran, aluminium, atau produk logam datar lainnya. Dengan menggunakan teknologi pengolahan citra dan algoritma cerdas, EMG BREIMO dapat melakukan pengukuran lebar pita secara otomatis dan akurat.


Bagaimana EMG BREIMO bekerja?

EMG BREIMO menggunakan kamera visi yang dipasang di dekat jalur produksi untuk merekam citra pita logam yang sedang diproses. Citra ini kemudian diproses oleh algoritma pemrosesan citra yang canggih untuk mengidentifikasi tepi pita logam dengan presisi tinggi. Sistem ini juga memperhitungkan faktor seperti rotasi atau deformasi pita yang mungkin terjadi.


Setelah tepi pita logam diidentifikasi, EMG BREIMO mengukur jarak antara kedua tepi secara akurat. Data pengukuran lebar pita tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengontrol proses pengolahan selanjutnya atau dikirimkan ke sistem kontrol yang ada untuk pengendalian kualitas secara real-time.


Manfaat EMG BREIMO:

Pengukuran Otomatis: EMG BREIMO menghilangkan kebutuhan akan pengukuran manual lebar pita oleh operator. Sistem ini secara otomatis dan akurat melakukan pengukuran lebar pita, mengurangi kesalahan manusia dan memastikan dimensi yang konsisten.


Pengendalian Kualitas: Dengan kemampuan pengukuran yang akurat, EMG BREIMO meningkatkan pengendalian kualitas pada proses pengolahan logam datar. Produsen dapat mengidentifikasi dan mengoreksi penyimpangan lebar pita dengan cepat, mengurangi jumlah produk yang tidak sesuai standar.


Efisiensi Produksi: Dengan pengukuran lebar pita secara otomatis, EMG BREIMO meningkatkan efisiensi produksi. Proses pengukuran yang cepat memungkinkan perbaikan segera dan pengambilan keputusan yang lebih cepat dalam mengatur jalur produksi.


Penghematan Biaya: Dengan mengurangi kesalahan pengukuran dan meminimalkan produk yang tidak sesuai standar, EMG BREIMO mengurangi biaya yang terkait dengan pemrosesan ulang, pembuangan produk, atau kerugian lainnya.


Integrasi yang Mudah: EMG BREIMO dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem produksi yang ada. Sistem ini kompatibel dengan berbagai jenis jalur produksi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pabrik pengolahan logam datar.


EMG BREIMO adalah solusi inovatif untuk pengukuran lebar pita dalam proses pengolahan logam datar. Dengan kemampuan pengukuran otomatis dan akurat, sistem ini meningkatkan pengendalian kualitas, efisiensi produksi, dan penghematan biaya. Dengan menggunakan EMG BREIMO, produsen logam datar dapat mencapai dimensi yang akurat dan kualitas yang konsisten pada produk akhir mereka.


Sumber:

EMG Automation GmbH. (n.d.). EMG BREIMO - Strip width measurement for flat metals processing. Diakses dari https://www.emg-automation.com/en/measurement-systems/emg-breimo-strip-width-measurement.



3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page