• hexanasemestaid

Manfaat Termometer Dalam Kehidupan sehari hari


Sesuai dengan arti katanya, thermo berarti panas dan meter berarti alat ukur. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa manfaat dari termometer adalah alat untuk mengukur suhu (celcius, reamur, kevin, fahrenheit). Bahan utama termometer adalah air raksa, karena kandungan air raksa tidak berubah atau tetap pada perubahan volume saat naik atau turunnya suhu.


Fungsi termometer sebagai alat mengukur suhu ada bermacam jenisnya, ada yang bisa mengukur suhu tubuh, suhu ruangan, suhu udara, suhu mendidihnya makanan dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara temperatur dan suhu. Temperatur merupakan alat mengukur suhu, sedangkan suhu merupakan ukuran kuantitatif pada temperatur, panas dan dingin.


Berikut ini jenis dan manfaat termometer yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari di hadirkan dalam 16 ragam yakni:


  1. Termometer klinis. Kita biasa menyebutnya sebagai termometer demam, karena kegunaannya di bidang kedokteran sebagai pengukur suhu tubuh. Termometer klinis mempunyai 2 skala yaitu 35 derajat celcius dan 42 derajat celcius. Untuk mengukur suhu tubuh biasanya termometer klinis di letakkan di ketiak atau di mulut sekitar 2 menit. Biasanya tubuh manusia normal mempunyai suhu 37 derajat celcius

  2. Termometer dinding. Dinamakan termometer dinding karena letaknya biasanya ada di dinding untuk mengukur suhu dalam ruangan yang berskala sekitar -50 derajat sampai 50 derajat yang dinyakan dengan celcius atau fahrenheit.

  3. Termometer six-bellani. Dinamakan akan six-bellani karena ditemukan oleh James Six dan Bellani yang biasa digunakan untuk para pengamat cuaca sebagai mengukur suhu tinggi dan rendah pada jangka waktu yang sudah di tetapkan. Selain itu juga digunakan untuk mengukur suhu di rumah kaca, rumah yang biasa digunakan untuk penelitian. Termometer ini juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki termometer lainnya, yaitu mempunyai 2 skala yaitu skala minimum di pipa kiri dan skala maksimum di pipa kanan, sehingga suhu bisa di baca pada setiap pipa.

  4. Termometer platina. Termometer ini biasa di gunakan oleh industri karna jangkauannya mampu mengukur suhu sampai 10000 derajat C. Ketika suhu naik, biasanya tekanan di platina juga naik karna bahan antar listriknya terbuat dari platina yang mampu menahan panas.

  5. Termometer gas. Termometer ini bisa mengukur suhu paling rendah sekitar -250 derajat sampai suhu tertinggi sekitar 1500 derajat. Dinamakan termometer gas karna bekerja sesuai dengan pemuaian gas hidrogen dan helium.

  6. Termometer pyrometer. Biasa di sebut dengan termometer optik, yang bisa bekerja sesuai dengan perubahan warna logam yang terjadi karena perubahan suhu bisa sampai 1000 derajat celcius.

  7. Termometer bimetal. Bentuk termometer ini bulat, dan perputarannya pun seperti arah jam dinding. Makin tinggi suhu maka putaran keping bimetal semakin ke kanan.

  8. Termometer termokopel. Mampu mengukur suhu sekitar -100 derajat sampai 1500 derajat celcius. Termometer ini memiliki dua kawat yang mempunyai fungsi berbeda jika di hubungkan dengan amperemeter, yang biasa untuk mengukur kuat arus listrik.

  9. Termometer pirometer. Ini adalah termometer optis yang biasa di gunakan untuk mengukur jumlah pancaran radiasi per detik yang di pancarkan oleh benda yang mempunyai suhu tinggi hingga 3000 derajat celcius dan paling rendah sampai 500 derajat celcius.

  10. Termometer inframerah. Sama dengan termometer pirometer, termometer ini juga di gunakan dalam bidang optis. Cara kerjanya dengan mengarahkan termometer ini ke arah sinar inframerah sambil menekan tombol sampai menunjukkan angka tertinggi.

  11. Termometer termistor. Merupakan termometer non gelas yang mampu mengukur suhu sekitar -25 derajat celcius hingga 18 derajat celcius.

  12. Termometer resistensi. Mampu mengukur suhu sekitar -250 derajat sampai 700 derajat. Termometer ini di gunakan untuk mencatat perubahan resistensi cairan yang ada di kawat platinum.

  13. Termometer sensor ganda. Termometer ini di buat untuk suatu kebutuhan tertentu, karena alatnya mampu mengukur suhu ganda lingkungan yang dapat konstan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  14. Termometer jenis K. Termometer jenis ini di buat untuk mengukur suhu paling tinggi di udara, bukan untuk sembarangan lingkungan.

  15. Termometer data logging. Sesuai namanya data logging berarti perekam data, yang dapat di gunakan untuk menyediakan data akurat untuk grafis yang cocok.

  16. Termometer laboratorium. Termometer yang biasa ada di laboratorium sekolah ini, menggunakan bahan utama air raksa, jika cairan raksa semakin panas maka cairan itu akan berubah sepanjang pipa skala Celcius.

Oleh karena itu PT. Hexana Semesta menjual Thermometer dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacam Infrared Thermometer, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.




5 views0 comments

Recent Posts

See All