• hexanasemestaid

Mekanik dasar : Pneumatic



Pneumatic adalah sebuah sistem penggerak yang memanfaatkan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya. Jadi, secara sederhana pneumatic adalah tekanan udara yang dinaikkan oleh kompresor udara, sehingga mampu menggerakkan alat-alat industri. Tekanan udara tersebut akan menggerakkan sebuah cylinder kerja, dimana cylinder kerja yang nantinya akan mengubah tenaga/tekanan udara tersebut menjadi tenaga mekanik (gerakan maju mundur pada cyilinder).


Beberapa kegunaan dari sistem pneumatic dalam dunia industri adalah sebagai berikut :

· Untuk pencekaman benda kerja

· Untuk penggeseran benda kerja

· Untuk pengaturan posisi benda kerja

· Untuk pengaturan arah benda kerja


Prinsip Kerja dan Komponen Pneumatic



Prinsip kerja dari sistem pneumatik adalah pemanfaatan udara terkompresi menjadi suatu gerakan translasi pada plunyer atau piston. untuk pengaplikasian yang lebih banyak, maka hal ini jauh lebih efisien dan praktis.

Pada umumnya, sistem meliputi kompresor udara yang menyimpan udara yang terkompresi dalam sebuah cylinder dan melepaskannya di bawah control listrik.

Sistem pneumatik menggunakan hukum-hukum aeromekanika, yang mana menentukan kondisi keseimbangan antara gas dan uap (khususnya udara atmosfir) dengan adanya gaya-gaya luar (aerostatika) dan teori aliran (aerodinamika). Untuk lebih jelas, berikut cara kerja pneumatik beserta fungsi komponennya :


· Kompresor

Kompresor berfungsi untuk menghisap udara yang berada di atmosfer dan menyimpannya ke dalam tabung penampung udara atau receivoir air. Kondisi udara yang berada di atmosfer dipengaruhi oleh suhu dan tekanan.

Udara pada tabung penampung akan mencapai tekanan 6 -9 bar (tekanan rata-rata). Tekanan dibawah 6 bar dapat menyebabkan turunkan daya mekainik dari cylinder kerja pneumatic. Sedangkan tekanan diatas 9 bar, merupakan tekanan yang sangat berbahaya pada sistem perpipaan atau kompresor.


· Air Dryer / Air Trap

Selanjutnya udara bertekanan akan melewati air dryer atau filter untuk memisahkan kandungan air pada udara yang masuk dari kompresor. Meski jumlah air pada udara yang masuk kedalam sistem pneumatik persentasenya kecil, namun hal ini dapat menjadi penyebab serius dari tidak berfungsinya sistem.


· Air Filter

Setelah udara yang dikeringkan dari bagian air dryer, maka udara yang telah terkompresi tersebut akan melalui filter untuk disaring kualitasnya. Air Filter berfungsi untuk memisahkan udara dari kemungkin adanya debu dan kotoran yang mungkin ada di dalam udara.


· Regulator

Di dalam bagian regulator, udara akan diatur jumlah tekanannya sehingga besar tekanan udara yang mengalir menuju ke actuator telah sesuai dengan standar.


· Solenoid Valve

Solenoid Valve merupakan suatu katup pada sistem pneumatik yang berfungsi untuk mengarahkan aliran udara bertekanan dengan sistem penggerak berupa coil electric atau pneumatic. Solenoid ini memiliki bentuk dan jenis yang bereda-beda.


· Actuator atau Air Cylinder

Air cylinder bergerak berdesarkan solenoid valve. Jika solenoid valve menyalurkan udara bertekanan dari air cylinder ke inlet maka piston akan bergerak maju. Sementara bila solenoid valve menyalurkan udara bertekanan dari air cylinder ke outlet maka piston akan bergerak mundur.


Keunggulan dan Kelemahan Sistem Pneumatic:

Keunggulan

· Udara sebagai tenaga kerja mudah didapatkan dan memiliki jumlah yang tak terbatas

· Dapat disimpan dengan baik

· Bersih dan kering

· Tidak peka terhadap suhu/temperatur

· Aman terhadap kebakaran atau ledakan

· Tidak memerlukan pendinginan fluida kerja

· Sederhana dan harga murah


Kelemahan

· Daya mekanik yang dihasilkan sangat rendah

· Menghasilkan suara yang bising

· Kelembaban udara

· Mudah terjadi ketermampatan

· Memerlukan biaya perawatan yang cenderung besar


Demikian penjelasan singkat tentang sistem pneumatic. Jika disimpulkan sIstem pneumatic adalah sistem dengan tenaga penggerak yang mengahasilkan tenaga mekanik kecil dengan katup sebagai salah satu komponennya.


Oleh karena itu, kami menjual Compact Infared Thermo Optris yang mempunyai keunggulan-keunggulan di atas. Kami merupakan distributor resmi dari Optris di Indonesia yang menawarkan produk-produk di atas. Jika ingin mengetahui lebih lanjut bisa mengubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini.






26 views0 comments