• hexanasemestaid

Mengenal Apa itu Thermal Camera

Masa pandemi mengharuskan semua orang untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dirinya serta lingkungan sekitarnya. Salah satu cara untuk melihat tingkat kesehatan seseorang adalah dengan mengukur temperatur badan. Mendeteksi temperatur umumnya menggunakan termometer. Namun di masa pandemi, mengharuskan pengukuran temperatur yang tanpa menyentuh badan atau benda. Nah biasanya banyak yang menggunakan Thermo Gun untuk mengecek suhu tubuh oleh petugas keamanan atau petugas yang berjaga dilokasi.


Namun, Thermo Gun juga memiliki resiko penularan virus dari satu pengunjung ke pengunjung lainnya, karena dipakai dalam jarak yang dekat. Sehingga Thermo Gun juga dinilai tidak selalu aman. Cara lain dalam pengukuran suhu tubuh adalah dengan menggunakan Thermal Camera. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Thermal Camera, maka akan dibahas beberapa hal tentang alat tersebut berikut ini.



Apa Itu Thermal Camera?


Thermal Camera merupakan sebuah kamera yang memanfaatkan thermal imaging, yaitu kamera termografi yang bisa mengubah radiasi inframerah menjadi cahaya tampak. Kamera ini biasanya digunakan oleh pemadam kebakaran untuk melihat area yang panas melalui asap, kegelapan, dan penghalang tembus panas. Kemudian helikopter polisi menggunakan alat ini untuk mencari tersangka di malam hari. Dan di stasiun cuaca, memanfaatkan alat ini untuk melacak datangnya badai dan angin topan. Bahkan, Thermal Camera juga digunakan di bidang medis yang berfungsi untuk mendiagnosis berbagai gangguan dan penyakit.



Sejarah


Teknologi Thermal Camera ini pertama kali dimulai pada tahun 1960 oleh Sir William Herschel, seorang astronot yang menemukan cahaya inframerah. Kemudian pada tahun 1860, Samuel Pierpont Langley, seorang astronom Amerika menemukan bolometer yang merupakan alat pengukuran radiasi inframerah atau thermal. Dan pada tahun 1929, fisikawan Hongaria bernama Kalman Tihanyi menciptakan kamera televisi elektronik inframerah yang sensitif dan mampu menangkap gambar thermal.



Thermal Camera di Masa Pandemi


Nah dengan maraknya virus di masa pandemi, infrared Thermal Imaging Camera ini biasa digunakan untuk memantau suhu tubuh seseorang. Fungsinya hampir sama dengan termometer, namun kamera ini akan menangkap gambar atau video dalam jumlah yang banyak secara akurat, dan juga menampilkan informasi besaran suhu pada saat yang bersamaan. Thermal Camera biasanya diletakkan di suatu tempat dengan bantuan penyangga atau tripod, sehingga tidak perlu bantuan dari orang untuk mengenggamnya.


Dan kamera ini bisa mendeteksi suhu tubuh orang dengan jarak jauh sekitar 0,8 hingga 1,5m, sehingga meminimalisir resiko penularan virus di masa pandemi ini. Dan bahkan, saat ini, teknologi kamera thermal ini dilengkapi dengan kartu memori, sehingga bisa menyimpan foto atau rekaman data penting tanpa perlu instalasi khusus.


Biasanya, Thermal Imaging Camera ini dipasang di tempat-tempat umum seperti bandara, industri, hingga gedung perkantoran untuk menjamin keamanan para pekerja dan pelanggan. Sehingga dengan menggunakan alat ini, bisa mendeteksi secara mudah kondisi suhu tubuh seseorang yang berada di lingkungan tersebut, apakah masih aman atau tidak. Dan dengan begitu, bisa mendeteksi secara dini potensi penyebaran virus di lingkungan tersebut. Sedangkan jika di lingkungan industri, alat ini bisa mengurangi resiko kerusakan ataupun kebakaran akibat overheating, korsleting, dan masalah lainnya.



OPTRIS THERMAL CAMERA


Infrared Thermal Imaging Camera memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi perusahaan, industri, hingga di kalangan umum seperti di masa pandemi ini. Karena dengan memanfaatkan alat tersebut, bisa mendeteksi panas dan kelembaban yang tidak bisa diidentifikasi secara langsung dengan mata telanjang. Dan di masa pandemi ini, penggunaan kamera thermal bisa memperkecil resiko penularan karena bisa dilakukan dengan jarak jauh dan hasil yang cepat dan akurat.


Oleh karena itu, kami menjual Thermal Camera merek OPTRIS dari Jerman dengan kualitas terbaik dangan pengukuran jarak jauh yang cepat dan akurat. Kami merupakan distributor resmi dari OPTRIS di Indonesia. Jika ingin mengetahui lebih lanjut bisa mengubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini.




33 views0 comments