• hexanasemestaid

Mengenal Otomasi Industri



Otomasi Industri memiliki beberapa segmen utama. Pada 1970-an, DCS asli dikembangkan pada 1970-an oleh tim engineer di Honeywell, dan PLC pertama adalah gagasan penemu Dick Morley dan lainnya. Beberapa startup inovatif mengembangkan perangkat lunak HMI untuk PLC dan I / O industri. Sensor dan aktuator inovatif datang dari beberapa perusahaan utama.


Dalam bisnis yang terfragmentasi, sebagian besar inovator terjebak di pertumbuhan platuas dan dibeli. Tetapi beberapa terus menghasilkan pertumbuhan dan kesuksesan yang mandiri.

Instrumentasi dan kontrol industri selalu menjadi sarang produk baru – sensor yang ditingkatkan, sensor, amplifier, display, recorder, control element, valve, actuator dan widget.


Tetapi pasar relatif kecil, terspesialisasi dan terfragmentasi, dan jarang ada volume signifikan yang dihasilkan langsung dari produk individu. Model bisnis ini sangat terlihat dalam penjualan teknis juga.


Banyak perusahaan otomasi industri didirikan dengan pengembangan inovatif untuk aplikasi yang sesuai. Target pelanggan biasanya pengguna yang memberikan kesempatan untuk menguji ide-ide baru, biasanya karena kebutuhan spesifik yang tidak terpenuhi.


Startup yang sukses memperluas produk dan pasar mereka di luar aplikasi dan geografi yang awalnya sempit, tergantung pada nilai sebenarnya dari inovasi, dan juga apakah pendiri mampu merekrut pemimpin manajemen, penjualan & pemasaran yang sesuai untuk menumbuhkan perusahaan di luar kewirausahaan awal tahapan.


Karena otomatisasi adalah bisnis yang sangat terfragmentasi, semua perusahaan besar (bernilai multi-miliar dolar AS) sebagian besar merupakan konglomerasi produk dan layanan; setiap segmen produk menghasilkan volume yang relatif kecil, tetapi disatukan mereka membentuk bisnis yang cukup besar.


Otomatisasi atau kontrol otomatis adalah penggunaan berbagai sistem kontrol untuk mengoperasikan peralatan seperti mesin, proses di pabrik, boiler dan oven pengolah panas, beralih di jaringan telepon, kemudi dan stabilisasi kapal, pesawat dan aplikasi lain dengan intervensi manusia yang minimal atau berkurang . Beberapa proses telah sepenuhnya otomatis.

Istilah otomasi terinspirasi oleh kata otomatis sebelumnya (berasal dari otomat), tidak banyak digunakan sebelum 1947, ketika General Motors mendirikan departemen otomatisasi. Selama masa inilah industri dengan cepat mengadopsi feedback controllers, yang diperkenalkan pada 1930-an.


Otomasi telah dicapai dengan berbagai cara termasuk mekanik, hidrolik, pneumatik, listrik, elektronik dan komputer, biasanya dalam kombinasi. Sistem yang rumit, seperti pabrik modern, pesawat terbang, dan kapal biasanya menggunakan semua teknik gabungan ini.

Engineer industri telah membayangkan pabrik yang sepenuhnya otomatis sejak setidaknya pertengahan abad ke-20.


Tetapi perlombaan nyata untuk mengotomatisasi manufaktur dapat dikatakan telah dimulai pada 1980-an, ketika produsen mobil AS datang dengan visi manufaktur “padam”.

Idenya adalah untuk mengalahkan saingan mereka dengan mengotomatisasi pabrik sedemikian rupa sehingga seluruh proses pembuatan dapat diserahkan kepada robot.


Sekian pengenalan otomasi, untuk mendukung hal tersebut PT. Hexana Semesta menyediakan berbagai macam produk industri seperti EMG. Jika ada yang ingin di tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami. PT. Hexana Semesta merupakan Exclusive Sole Agent dari EMG-Electro Mechanic GmbH Germany di Indonesia. Untuk info lebih lanjut Produk-Produk EMG bisa menghubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini:

Source: https://www.kelasplc.com/otomasi-industri/





1 view0 comments

Recent Posts

See All