top of page
  • hexanasemestaid

Mengenal Panel Surya Hybrid dan Cara Kerjanya



Bagi Anda yang ingin beralih menggunakan sumber energi ramah lingkungan, mungkin saatnya mempertimbangkan penggunaan panel surya hybrid. Dalam sistem kerja panel surya, istilah hybrid mengacu pada sistem yang menggunakan kombinasi energi solar dan baterai yang dapat berinteraksi dengan jaringan listrik. Panel surya hybrid akan menghasilkan daya dengan cara yang sama seperti sistem panel surya tradisional.


Namun panel ini telah dilengakapi dengan inverter dan baterai khusus untuk menyimpan pasokan energi yang bisa digunakan nanti. Kemampuan penyimpanan energi matahari ini memungkinkan panel surya hybrid juga beroperasi sebagai catu daya cadangan selama pemadaman listrik terjadi, mirip dengan sistem kerja pada UPS.


Baterai yang ada di dalam panel surya hybrid menggunakan inverter hybrid yang memiliki pengisi daya baterai dan koneksi bawaan. Sistem panel surya tradisional saat ini memang dinilai kurang efisien. Hal ini karena banyak orang yang bekerja di luar rumah pada siang hari sehingga tidak bisa menggunakan energi matahari yang dihasilkan oleh panel.


Kehadiran sistem hybrid ini dapat menyimpan kelebihan energi matahari yang dipanen saat siang hari serta dapat menyediakan daya cadangan selama pemadaman. Ini sangat cocok pemakaian di rumah tangga meskipun untuk sebagian besar bisnis yang beroperasi pada siang hari, panel surya konvensional masih merupakan pilihan yang paling ekonomis.


Panel surya hybrid memungkinkan Anda untuk menyimpan energi matahari dan menggunakannya saat Anda berada di rumah pada malam hari ketika biaya penggunaan listrik tinggi.


Namun, harga inverter hybrid cukup mahal. Jika tidak menambahkan baterai selama pemasangan awal maka menemukan baterai yang kompatibel setelah beberapa tahun mendatang bisa menjadi masalah besar.


Proses pemasangan panel surya hybrid juga lebih kompleks membutuhkan lebih banyak ruang sehingga memiliki biaya pemasangan yang lebih tinggi. Penggunaan daya cadangan dari baterai juga dapat membatasi penggunaan peralatan elektronik di rumah terutama saat malam hari.


PT. Hexana Semesta sebagai Agen Tunggal Eksklusif untuk GCL System Integration Technology di Indonesia yang menjual varian tipe Panel Surya yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya demi menghemat biaya tagihan listrik anda. Untuk melihat informasi selengkapnya mengenai segala manfaat dan keuntungan menggunakan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.



https://properti.kompas.com/read/2022/09/22/153000421/mengenal-panel-surya-hybrid-dan-cara-kerjanya


14 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page