top of page
  • hexanasemestaid

Penemu Baja Tahan Karat



Tahukah kamu, penemu stailess steel pertama kali adalah Harry Brearley di Sout Yorkshire, Inggris pada sekitar tahun1871 - 1948.


Pembahasan

Stainless steel adalah paduan logam yang lebih disukai untuk membuat peralatan dapur, karena tidak mempengaruhi rasa makanan. Permukaan peralatan stainless steel yang mudah dibersihkan. Minimal pemeliharaan dan daur ulang total peralatan stainless steel juga berkontribusi terhadap popularitas mereka. Stainless steel adalah nama universal untuk paduan logam, yang terdiri dari Kromium dan Besi.


Sering disebut juga dengan baja tahan karat karena sangat tahan terhadap noda (berkarat). Besi biasa, berbeda dengan stainless steel, permukaannya tidak dilindungi apapun sehingga mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan Fe2O3 atau hidroksida yang terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Lapisan korosi ini makin lama makin menebal dan kita kenal sebagai karat. Stainless steel, dapat bertahan dan tidak bernoda justru karena dilindungi oleh lapisan karat dalam skala atomik.

Sejarah

Pada tahun 1912 laboratorium Brown-Firth meneliti daya tahan karat laras senapan. Penelitian itu berfokus pada penghitungan sejumlah tingkat karbon, kromium, dan besi yang diberikan, hingga akhirnya tepat di tanggal 13 Agustus tahun 1913, stainless steel pertama diproduksi di laboratorium Brown-Firth berkat hasil eksperimen dari Harry Brearley.


Oleh karena itulah Harry Brearley dianggap sebagai penemu stainless steel. Hingga akhirnya si penemu stainless steel Harry Brearley meninggal di daerah Torquay, Inggris, Britania Raya, pada usia 77 tahun, tepatnya pada tanggal 14 Juli 1948.

Penemuan Harry Brearley tersebut sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, mulai perabotan rumah tangga hingga alat-alat yang menunjang produktivitas kegiatan manusia. Penggunaan yang bervariasi inilah yang kemudian membuat penyebaran penggunaan stainles steel sejak dikenalkan menjadi cepat popular. Selain karena ketahanannya, implementasi pada komponen - komponen tertentu juga amat mudah.


Sedikit sejarah tentang baja, untuk mendukung hal tersebut PT. Hexana Semesta menyediakan berbagai macam produk industri seperti EMG. Jika ada yang ingin di tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami. PT. Hexana Semesta merupakan Exclusive Sole Agent dari EMG-Electro Mechanic GmbH Germany di Indonesia. Untuk info lebih lanjut Produk-Produk EMG bisa menghubungi kami dengan mengklik tombol dibawah ini:




https://www.argonesia.com/news-sejarah-dan-penemu-stainless-steel--18

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page