top of page
  • hexanasemestaid

Penggunaan Mesin Laser Pada Industri



Mesin laser berperan penting dalam dunia industri diberbagai aplikasi manufaktur, karena teknologi laser ini mampu menghasilkan kekuatan pemotongan atau pengelasan yang intens dengan presisi tinggi.


Ditambah banyaknya kebutuhan industri saat ini, teknologi laser telah mengalami perubahan dan terus berkembang hingga dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan industri.


Sekilas Tentang Teknologi Laser

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya.


Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm).

Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa produk.


Kemampuan laser dalam mengubah bahan membuatnya ideal untuk industri otomotif, elektronik, pakaian, pengerjaan logam dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi laser diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk operasi, seperti laser marking and engraving, laser cleaning, laser welding, dan laser cutting.


1. Mesin Laser Marking

Mesin laser marking atau mesin penandaan laser adalah mesin dengan teknologi laser yang digunakan untuk menandai berbagai permukaan benda kerja. Keuntungan menggunakan mesin laser marking adalah proses penandaan dapat dilakukan dengan presisi tinggi, cepat, dan kontras pada berbagai kontur dan tingkat kekerasan.


Mesin laser juga dapat digunakan untuk berbagai bahan polimer organik, bahkan dengan desain yang kompleks. Hasil laser marking dapat tahan lama dan dapat diaplikasikan pada pakaian, kulit dan logam.


2. Mesin Laser Cleaning

Mesin laser cleaning atau mesin pembersihan laser adalah mesin yang menggunaakan teknologi laser untuk menghilangkan atau membersihkan kontaminan pada permukaan suatu benda kerja secara terkontrol.


Salah satu keuntungan utama menggunakan mesin laser cleaning adalah kemampuannya secara tepat mengontrol deposisi energi dalam proses pembersihan atau penghilangan kontaminan.


3. Mesin Laser Welding

Mesin laser welding atau mesin las laser adalah proses pengelasan yang menggunakan energi cahaya atau laser. Energi dari cahaya memanaskan daerah welding dengan cepat bersamaan dengan logam pengisinya. Hasil pengelasan dikontrol melalui ukuran cahayanya, tegangan yang digunakan, lebar dorongan dan jarak waktu ketika energi cahaya diterapkan. Hasilnya akan lebih presisi dan kualitas lasnya juga lebih baik.


Keterampilan operator sangat dibutuhkan dalam mengerjakan las laser. Namun, beberapa mesin laser welding saat ini sudah memiliki sistem semi-manual sehingga dapat dioperasikan oleh operator tanpa perlu keahlian khusus.


Oleh karena itu PT. Hexana Semesta menjual kamera infrared dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat macamnya anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.




https://www.lfc.co.id/blog/detail/teknologi-laser-pada-industri



7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page