top of page
  • hexanasemestaid

Pengukuran Suhu dalam Industri Solar



Kamera inframerah 120 Hz untuk industri solar

Suhu proses dan produk adalah indikator fisik yang sangat penting dalam hampir setiap proses manufaktur industri. Hal ini juga berlaku untuk industri solar. Kamera inframerah Optris yang digunakan untuk layanan industri semakin penting dalam industri solar berkat perkembangan baru dalam teknologi sensor inframerah serta penurunan harga.


Terutama dalam industri solar, produksi dan pemantauan modul surya bergantung pada banyak proses termal. Kamera inframerah kompak dan cepat Optris PI160 oleh Optris sering digunakan untuk memvisualisasikan dan memantau proses tersebut.


Pemantauan suhu untuk proses brazing

Penentuan suhu wafer untuk produksi modul surya ditangkap selama proses string brazing. Hal ini menjamin proses perakitan yang handal dan efisien. Pengukuran suhu dilakukan pada permukaan silikon yang terhubung dengan titik brazing. Dengan demikian, kualitas homogenitas brazing diukur.


Tantangan selama pemantauan proses brazing adalah: resolusi lokal yang memadai dan resolusi temporal karena pemanasan titik brazing dapat terjadi dalam waktu kurang dari satu detik. Dengan resolusi 160x120 piksel serta kecepatan bingkai 120 Hz untuk gambar keseluruhan, kamera inframerah optris PI telah berkembang menjadi perangkat yang sesuai.



Kedua ilustrasi di atas menunjukkan contoh proses braze induktif dalam produksi sel surya. Pertama, sel surya memasuki area braze. Di atas sel terdapat dua pita logam yang ditandai dengan panah putih dalam ilustrasi kiri dan akan di-braze dengan sel. Kemudian elemen pemanas induksi menurun ke kawat dan menekan kawat ke sel surya. Dengan menciptakan area induksi, kawat dipanaskan dan terhubung dengan kontak logam sel surya. Seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi kanan, proses energi panas dalam sel surya terlihat dengan jelas. Pada tahap ini, penting untuk tidak melebihi suhu tertentu pada silikon karena kemungkinan wafer retak akibat gesekan internal tetap sangat tinggi.


Temperature monitoring of laminating processes

Screenshot of PI Connect software


Area aplikasi lain untuk kamera termal optris PI160 adalah pemantauan termal proses laminasi setelah wafer tunggal telah di-braze menjadi string. Proses berdasarkan pemantauan termal dapat memberikan alokasi suhu yang konsisten di seluruh area panel selama fase pemanasan dan pendinginan. Dengan demikian, proses laminasi akan kurang menekan sel surya dan film laminasi - tingkat barang cacat dapat dikurangi dengan jelas.


Kontrol fungsi sel surya

Termografi inframerah pengukuran tanpa kontak merupakan instrumen penting untuk kontrol fungsi sel surya. Salah satu cara kontrol adalah paparan berperiodik termodulasi dari sel surya dengan pengamatan simultan menggunakan kamera inframerah - Illuminated Lock-In Thermography. Pemisahan muatan yang dihasilkan melalui paparan cahaya ke sel surya mengakibatkan kebocoran pada bagian yang rusak. Hal ini menghasilkan pemanasan terbatas secara lokal pada sel yang dapat terdeteksi dengan kamera termal optris PI160 sebagai hot spot. Penyusunan proses ini ditunjukkan secara skematis dalam ilustrasi berikut.

Metode inspeksi lainnya adalah Dark Lock-In Thermography. Sel surya akan dihubungkan dengan unit pasokan listrik dan kemudian bereaksi dengan emisi panas. Kamera termal dapat mendukung lokalisisasi area dengan kualitas produk rendah dengan mengukur suhu permukaan.


Keuntungan kamera termal

Aplikasi di atas dengan sempurna menunjukkan keuntungan pemantauan termal tanpa kontak:

  • Pengukuran suhu dilakukan tanpa memengaruhi objek atau proses

  • Suhu dapat diukur pada objek yang bergerak, sulit diakses, atau sangat panas selama proses berlangsung

  • Pengukuran dilakukan secara real-time sehingga suhu dapat dikoreksi selama proses berlangsung

  • Proses didokumentasikan melalui video dan gambar termal yang juga dapat menjadi bagian dari audit kualitas

Kamera termal modern ditandai dengan konstruksi yang sangat kompak dan tingkat bingkai gambar yang tinggi, yaitu 120 Hz. Oleh karena itu, integrasi metode audit yang teruji ke dalam proses berlangsung dengan waktu pengujian bersamaan dapat dilakukan dengan mudah.

Source: https://www.optris.global/temperature-measurement-solar-industry


9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page