• hexanasemestaid

Sederet Manfaat Beralih ke Panel Surya Bagi Usaha Anda



Sistem panel surya mampu mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik dan dapat digunakan di berbagai jenis bangunan, mulai dari rumah, gedung komersial perkantoran, ruko, pusat perbelanjaan, hingga bangunan industri seperti pabrik dan gudang.

Penggunaan panel surya dapat memberi manfaat dalam jangka panjang. Energi surya menjadi salah satu opsi terbaik penghasil tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan. Penggunaan panel surya memilki keuntungan signifikan yang bisa dinikmati jangka panjang. Tidak hanya bagi industri itu sendiri, tetapi juga secara lebih luas bagi lingkungan bumi. Berikut ini beberapa keuntungan dari penggunaan panel surya.


1. Hemat Biaya Listrik Bulanan


Biaya listrik cenderung menjadi salah satu biaya operasional yang cenderung meningkat sesuai aktivitas yang digunakan serta wajib dikeluarkan setiap bulannya. Akan tetapi, slogan hemat listrik tidak terlalu banyak mengurangi biaya listrik tersebut. Menggunakan panel surya dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan secara finansial bagi penggunanya.

Karena berasal dari tenaga matahari yang tak terbatas, pengguna panel surya bisa mendapatkan penghematan tagihan listrik hingga 30% setiap bulannya. Penghematan ini sangat membantu anda sehingga dapat mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan lainnya. Seperti diketahui tarif listrik juga terus mengalami kenaikan secara berkala.


2. Multifungsi


Selain bisa digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik, panel surya juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan panas atau solar thermal.


3. Instalasi Mudah, Cocok di Berbagai Lokasi dan Minim Biaya


Indonesia yang memiliki iklim tropis memungkinkan kita untuk mendapatkan sinar matahari sepanjang hari kecuali pada saat malam. Ketika musim hujan pun, matahari tetap bersinar dan hujan tidak turun sepanjang hari berbulan-bulan.

Kondisi ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia menerapkan sistem solar panel yang bersumber dari tenaga matahari sebagai upaya mengurangi ketergantungan dari listrik konvensional. Sistem solar panel dapat digunakan di berbagai jenis gedung, bangunan, dan lokasi, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika satu daerah yang selama ini belum terjangkau jaringan listrik nasional, maka penggunaan solar panel adalah solusi yang tepat untuk meng elektrifikasi daerah tersebut, terutama daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Indonesia.

Energi listrik tenaga surya bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa digunakan pula untuk memaksimalkan hasil perkebunan dan pertambangan dengan cara menggabungkan antara energi konvensional dan energi alternatif dari sinar matahari. Terlebih lagi, kini instalasi sistem panel surya dengan teknologi yang canggih tidak memerlukan biaya yang tinggi.


4. Minim Biaya Pemeliharaan


Panel surya tidak memerlukan perawatan yang rumit dan berlebihan. Cukup dibersihkan secara rutin secara berkala setiap bulan, perangkat panel surya tersebut tetap akan bisa terjaga dengan baik. Perangkat panel surya umumnya bisa berdaya pakai hingga puluhan hingga belasan tahun. Umumnya perusahaan penyedia panel surya juga memiliki layanan perawatan panel surya yang mumpuni.


5. Kontribusi Penyelamatan Lingkungan


Tak terbantahkan lagi bahwa saat ini Bumi terus mengalami peningkatan suhu dan pemanasan global yang signifikan. Beralih menggunakan panel surya dapat menjadi salah satu langkah nyata upaya penyelamatan bumi.

Di bawah Paris Agreement United Nations Framework Convention tentang Perubahan Iklim, setiap negara harus berkontribusi mengurangi pemanasan global dan menjaga kenaikan suhu rata-rata di bawah 2° C. Khususnya di Indonesia yang saat ini mayoritas tenaga listrik masih berasal dari hasil pembakaran batu bara yang tak ramah lingkungan.

Sistem solar panel merupakan sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan, berbeda dengan sumber energi konvensional yang saat ini kita gunakan cenderung kotor dan polusi. Melalui pemasangan sistem solar panel, Anda dapat berkontribusi menjaga bumi tetap bersih dan layak huni bagi generasi yang akan datang.


6. Green and Sustainable Value


Seluruh pihak di berbagai negara saat ini mengedepankan bisnis yang berkelanjutan di 3 aspek utama yaitu ESG; environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola perusahaan). Di sektor industri keuangan, para investor kini tidak hanya mempertimbangkan kinerja keuangan untuk melihat prospeknya, mereka menambahkan faktor ESG pada sebuah emiten. Dengan memasang sistem solar panel, Perusahaan Anda telah menunjukkan komitmen keberlanjutan yang dapat meningkatkan nilai Perusahaan.

Dengan memasang sistem solar panel, Perusahaan Anda telah menunjukkan komitmen keberlanjutan yang dapat meningkatkan nilai Perusahaan.


Jangan biarkan tagihan listrik anda terus membengkak dan memperbesar pengeluaran usaha anda setiap bulannya. Gunakan panel surya sekarang juga. Anda bisa menghemat biaya listrik hingga 30% tiap bulannya sekaligus menyelamatkan berbagai ekosistem di muka bumi karena solar panel sangat ramah lingkungan. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.




66 views0 comments

Recent Posts

See All