• hexanasemestaid

SEGUDANG MANFAAT DALAM PENGGUNAAN THERMAL CAMERA UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI DAN KEBUTUHAN RUMAH TANGGA


A. THERMAL CAMERA UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI


Semua mesin industri mesti dilakukan inspeksi serta perawatan secara rutin. Dengan melakukan inspeksi dan perawatan mesin secara rutin memberikan banyak manfaat, antara lain menjaga kondisi mesin tetap prima sehingga kinerja Industri bisa berjalan maksimal.


Suatu mesin pada umumnya tergabung dalam satu kesatuan yang rumit, sehingga mesti bisa berjalan sesuai dengan fungsi yang diharapkan. Dalam mesin industri, temperatur ang tinggi sering muncul terjadi. Temperatur yang tinggi pada sebuah mesin dengan proses secara terus menerus dan berjalan dalam waktu yang lama akan membuat beban mesin cukup berat, sehingga akan menimbulkan kerusakan. Padahal mesin sendiri berperan penting dalam dunia industri, tanpa adanya mesin tentu industri tidak bisa berjalan.


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui suhu mesin normal atau tidaknya yaitu dengan menggunakan sebuah alat yang dinamai kamera inframerah atau Thermal Camera. Thermal Camera sangat membantu dalam memberikan informasi yang akurat mengenai temperatur pada bagian-bagian mesin. Alat ini bisa digunakan meski kondisi mesin masih bekerja, sehingga proses produksi tidak terganggu karena adanya tindakan inspeksi.


Adapun bagian-bagian utama mesin industri yang mesti dilakukan pemeriksaan yaitu peralatan mekanis, atau bahkan struktur penguat pemrosesan dan instalasi listrik. Sangat penting sekali untuk melakukan pengecekan pada bagian instalasi listrik mesin, bagian tersebut merupakan bagian utama dari sebuah sistem mesin industri sebab di sanalah pusat tenaga berasal.


Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala menggunakan Thermal Camera dan apabila ditemukan suhu berada di atas normal maka kita bisa segera melakukan tindakan untuk segara diatasi sehingga kinerja mesin industri akan berjalan sesuai harapan, selain itu mencegah adanya gangguan ataupun kecelakaan yang terjadi pada mesin yang bisa membahayakan nyawa setiap pekerja yang mana pekerja merupakan salah satu aset penting dalam kemajuan.




B. THERMAL CAMERA UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA


Selain untuk kebutuhan industry, Thermal Camera juga sangat membantu untuk kebutuhan inspeksi di rumah anda. Penggunaan Thermal Camera untuk tujuan inspeksi disebut sebagai inspeksi thermografi. Inspeksi thermografi dapat membantu anda dalam mendapatkan informasi detail penting tentang rumah anda. Berikut beberapa contoh pengaplikasiannya yang dapat kalian gunakan dalam inspeksi rumah :




1. Menemukan Kerusakan pada Sistem Pemanas/Pendingin


Kemampuan dari Thermal Camera adalah mampu mengidentifikasi suhu suatu objek tanpa harus kontak langsung dengan objek tersebut, dan ini merupakan nilai tambah ketika kita ingin menganalisa performa dari sistem HVAC (Heating Ventilation Air Conditioner) yang kita miliki. Kemampuannya untuk mengidentifikasi suhu secara individu ataupun area yang besar, dapat memungkinkan user untuk mengidentifikasi dan menetapkan area permasalahan yang mengalami gangguan.


Teknnologi ini juga dapat diterapkan untuk mendeteksi kebocoran kompresor dari AC (Air Conditioner). Peralatan yang mengalami kerusakan, sering kali menunjukkan perbedaan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan batas kinerja amannya. Nilai perbedaan ini sering kali dapat diidentifikasi melalui perubahan suhu yang dapat dilihat oleh Thermal Camera.



2. Deteksi Kelembaban atau Kebocoran


Permasalahan yang tersembunyi dapat menyebabkan mahalnya harga perbaikan ketika permasalahan tersebut tidak ditemukan. Sebagai contoh, kebocoran air yang terjadi pada pipa didalam tembok dapat menyebabkan kerusakan yang serius dan bahkan dapat mempengaruhi struktur dari rumah atau bisnis. Pada banyak kasus, kondisi ini tidak dapat diperbaiki sampai kerusakan serius terjadi.


Tetapi, kondisi ini dapat dengan mudah kita identifikasi dengan menggunakan Thermal Camera. Inspeksi dan survey berkala untuk melihat perubahan suhu, dapat mengidentifikasi perkiraan kapan masalah terjadi.



3. Deteksi Bahaya Listrik


Dengan cara yang sama seperti deteksi kelembaban dan kebocoran air yang dapat diidentifikasi melalui perubahan suhu dinding atau struktur, titik panas (hotspot) juga dapat membantu kita dalama mengidentifikasi masalah bahaya listrik.


Dinding pada rumah atau bangunan kita memiliki kabel yang dipasang didalamnya. Apabila sirkuit atau jaringan listrik mengalami kelebihan kapasitas (overload), atau beberapa kerusakan telah terjadi pada kabel, maka hotspot akan timbul dan meningkat yang jika dibiarkan tidak teridentifikasi dapat menyebabkan kebakaran atau kondisi serius lainnya.


Banyak sektor yang melakukan pemeriksaan secara berkala akan memeriksa suhu panel listrik dan peralatan listriknya untuk memastikan bahwa kelistrikan mereka berfungsi dengan baik. Seringkali kita tidak menyadari bahaya ini karena listrik dan titik panas merupakan hal yang tidak dapat dilihat oleh mata. Thermal Camera dapat mengekspos titik panas ini, karena permukaan dinding akan memiliki temperatur yang berbeda dibandingkan dengan dinding lainnya.



4. Kemampuan Deteksi Lainnya


Thermal Camera untuk deteksi hama

Thermal Camera juga dapat mendeteksi kondisi seperti hama atau erosi. Kehadiran hama atau erosi dapat menyebabkan perbedaan suhu dinding ketika tidak ada cara identifikasi lain yang dapat dilakukan. Mendeteksi hal tersebut sangat penting untuk menjaga rumah anda tetap aman dan bebas dari gangguan yang tidak diinginkan.


PT. Hexana Semesta menjual Thermal Camera dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacam Thermal Camera, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.


8 views0 comments