• hexanasemestaid

Thermal Camera – Cara Kerja Infrared Camera










Thermal camera adalah perangkat yang menerjemahkan energi panas (panas) menjadi cahaya tampak untuk menganalisis objek atau pemandangan tertentu. Gambar yang dihasilkan dikenal sebagai termogram dan dianalisis melalui proses yang disebut termografi.


Thermal camera juga merupakan salah satu alat canggih yang digunakan untuk memproses gambar yang diambil serta akan menampilkannya pada layar. Gambar-gambar ini dapat digunakan untuk diagnosis langsung atau diproses melalui perangkat lunak khusus untuk evaluasi, akurasi, dan keluaran laporan selanjutnya.


Thermal camera membawa suhu pengukuran ke tingkat berikutnya; alih-alih mendapatkan nomor untuk suhu, anda mendapatkan gambar yang menunjukkan perbedaan suhu permukaan.



Cara Kerja Pada Infrared Camera


Semua benda memancarkan energi inframerah, yang dikenal sebagai tanda panas. Kamera inframerah (juga dikenal sebagai imager termal) mendeteksi dan mengukur energi inframerah objek. Kamera akan mengubah data inframerah itu menjadi gambar elektronik yang mana nantinya akan menunjukkan suhu permukaan objek yang diukur. Kamera inframerah berisi sistem optik yang memfokuskan energi inframerah ke chip detektor khusus (sensor array) yang berisi ribuan piksel detektor yang diatur dalam sebuah kisi.


Setiap piksel dalam susunan sensor bereaksi terhadap energi inframerah yang difokuskan padanya dan menghasilkan sinyal elektronik. Prosesor kamera mengambil sinyal dari setiap piksel dan menerapkan perhitungan matematis untuknya untuk membuat peta warna dari suhu yang tampak dari objek. Setiap nilai suhu diberi warna berbeda. Matriks warna yang dihasilkan dikirim ke memori serta ke tampilan kamera sebagai gambar suhu (gambar termal) dari objek tersebut.


Banyak kamera inframerah juga termasuk kamera cahaya tampak yang secara otomatis menangkap gambar digital standar dengan setiap tarikan pelatuknya. Dengan memadukan gambar-gambar ini, lebih mudah untuk mengkorelasikan area masalah pada gambar inframerah Anda dengan peralatan atau area aktual yang anda periksa.



Kenapa Thermal Camera Bekerja Lebih Baik Pada Malam Hari?


Thermal camera cenderung bekerja lebih baik di malam hari, tetapi tidak ada hubungannya dengan keadaan lingkungan sekitarnya menjadi terang atau gelap. Suhu inti pada benda dan juga lingkungan yang tidak dipanaskan hampir selalu jauh lebih rendah secara signifikan di malam hari daripada pada jam-jam di siang hari, thermal imaging juga mampu menampilkan area hangat pada kontras yang lebih tinggi.


Bahkan pada hari-hari yang relatif dingin, energi panas dari matahari akan secara bertahap diserap oleh dinding pada sebuah bangunan, jalan, tumbuh-tumbuhan, bahan-bahan konstruksi dan lebih banyak lagi di siang hari. Dan, untuk setiap derajat benda-benda semacam ini bertambah dalam suhu sekitar selama hari itu, mereka menjadi kurang dapat dibedakan dengan jelas dari benda-benda hangat lainnya yang digunakan sensor kamera untuk mendeteksi dan menyorot.


Untuk alasan yang sama, sebagian besar thermal camera akan menampilkan benda-benda hangat dalam kontras yang lebih tajam setelah beberapa jam hari mulai gelap, daripada setelah terbenamnya matahari bahkan selama jam-jam siang penuh, mereka biasanya akan lebih efektif di pagi hari daripada di tengah sore.


Untuk mempermudah dalam menggunakan inframerah, PT. Hexana Semesta menjual Infrared Camera dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat bermacam Infrared Camera, anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.




7 views0 comments

Recent Posts

See All