top of page
  • hexanasemestaid

Jenis Sensor Yang Digunakan Dalam Industri Manufaktur

Updated: Mar 25, 2023

Luasnya sektor produksi dalam manufaktur pintar sangat luas dan bisa sangat kompleks. Dengan demikian, ada beragam sensor yang digunakan dalam sistem manufaktur pintar khusus. Ini dapat dilihat pada desain mesin yang dipesan lebih dahulu, jaringan produksi, dan bahkan di seluruh fasilitas produksi. Berikut adalah daftar beberapa sensor yang paling umum ditemukan di seluruh sistem produksi


Sensor Suhu

Sensor Suhu sering digunakan dalam industri di mana suhu kritis harus dipenuhi untuk aplikasi produk yang tepat, seperti petrokimia, farmasi, makanan, medis, dan manufaktur bahan baku. Misalnya, kaleng aluminium kelas konsumen sering kali memiliki lapisan plastik yang aman untuk makanan di bagian dalam yang harus diterapkan pada suhu yang tepat agar dapat menempel dengan benar pada struktur aluminium.


Sensor Efek Hall

Sensor Efek Hall biasanya digunakan untuk aplikasi penghitungan, di mana magnet dipasang pada komponen mesin yang bergerak. Ketika magnet itu berada di hadapan sensor efek hall, sensor akan mendeteksi keberadaannya dan memberikan data ke pengontrol mesin. Misalnya, dalam pelabel botol yang berputar, posisi gelendong label dapat dipantau dan disesuaikan secara aktif berdasarkan input magnetis ke sensor efek hall, memungkinkan penerapan label secara otomatis tanpa hambatan.


Sensor Inframerah

Sensor Inframerah digunakan untuk memantau keluaran inframerah objek, yang dapat merasakan data suhu, analisis komposisi gas, reflektifitas objek, dan kehalusan permukaan dari jarak jauh. Sebagai contoh, sensor inframerah dapat digunakan untuk memantau komposisi gas dalam aplikasi pengelasan yang kompleks, seperti pengelasan titanium, di mana keberadaan gas yang tidak diinginkan dapat menjadi bencana besar bagi proses manufaktur.


Proximity Sensor

Proximity Sensor digunakan untuk mendeteksi kedekatan dari sensor ke suatu objek. Sensor jarak sebagian besar digunakan dalam aplikasi manufaktur cerdas di mana mesin mengotomatisasi tindakan manufaktur. Misalnya, mesin pick-and-place yang digunakan dalam manufaktur elektronik mengambil komponen tunggal dari satu lokasi dan menempatkannya di tujuan yang tepat. Sistem kontrol mesin pick-and-place dapat berisi sensor jarak sebagai sarana untuk menginformasikan alat tentang seberapa dekat dengan komponen saat memetik dan tujuan setelah penempatan.


Akselerometer

Akselerometer dapat digunakan dalam banyak sistem manufaktur cerdas seperti kontrol motor, anti-pencurian, deteksi ketukan, kemiringan, orientasi objek, dinamika mesin, dan banyak lagi. Misalnya, kepala pahat dari mesin penggilingan CNC 5-sumbu kemungkinan akan berisi beberapa akselerometer untuk memastikan penempatan pahat 3D yang tepat tercapai selama proses penggilingan.


Sensor Level

Sensor Level digunakan untuk memahami level cairan dalam distribusi cairan dan wadah penyimpanan. Dalam industri manufaktur cerdas yang memanfaatkan cairan, kemampuan untuk memahami jumlah cairan yang digunakan dapat menjadi penting untuk memastikan suatu proses beroperasi seperti yang diharapkan. Misalnya, fasilitas manufaktur semikonduktor menggunakan ratusan cairan berbeda mulai dari bubur plastik hingga pelarut etsa yang sangat mudah menguap. Cairan ini harus dikelola sesuai dengan spesifikasi prosedur. Sensor level dapat digunakan untuk memahami tingkat penggunaannya, jumlah pembuangan yang diperlukan, dan keberadaan di seluruh sistem yang mengandung cairan.


Kami PT. Hexana Semesta menjual kamera infrared dengan Brand OPTRIS yang lengkap dan berkualitas dengan varian merk, dan type yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk melihat macamnya anda bisa mengunjungi website kami dengan cara klik tombol dibawah ini.



https://elektrindo.co.id/info/jenis-sensor-yang-digunakan-dalam-industri-manufaktur/

25 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page