• hexanasemestaid

PERBEDAAN PANEL SURYA DAN SEL SURYA



Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Dan yang bertugas menyerap ini adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari beberapa komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya (photo) menjadi listrik (voltaic). Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, lapisan anti reflektif, dan strip konduktor metal.

Lapisan-lapisan inilah yang berjasa menghasilkan listrik agar bisa kamu nikmati di rumah.

Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan. Semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Jumlah sel surya untuk penggunaan industri tentu berbeda dari sel surya untuk rumah.



Jenis-jenis sel surya


Ada banyak jenis sel surya yang telah dimanfaatkan, namun sel surya berbasis silikon adalah paling sering yang kita jumpai dalam penggunaan masal. Beberapa jenis yang bisa kita temui di pasaran, yaitu:


- Monocrystalline silicon PV Module

- Polycrystalline silicon PV Module

- Amorphous silicon PV module

- Hybrid silicon PV module


Berikut adalah alasan kenapa sel surya silikon lebih banyak dipilih. Pemilihan silikon karena selain mudah didapat di alam, juga tidak menghasilkan polusi atau berbahaya bagi lingkungan. Efisiensi dari sel surya silicon mencapai lebih dari 20%, jauh lebih tinggi dibanding tipe lainnya. Efisiensi yang tinggi tersebut menandakan bahwa panel surya dengan sel surya silicon ini memiliki kemampuan mengkonversi energi dari matahari ke listrik yang baik sehingga hanya dibutuhkan luas penampang yang lebih kecil untuk menghasilkan energi yang sama dibanding tipe lainnya.


Cara kerja panel surya berarti membahas proses yang terjadi di dalam sel surya. Sederhananya, ketika sel surya menyerap cahaya, maka terdapat pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan sebagai energi alat-alat elektronik.


Lebih detilnya, energi matahari membawa cahaya (photo) yang bisa dipecah menjadi ion positif dan ion negatif. Ion negatif ini akan bergerak menuju lapisan negatif yang ada di sel surya, dan begitu pula sebaliknya dengan ion positif. Ion negatif akan bergerak menuju ion positif melewati beberapa lapisan. Pergerakan inilah yang menciptakan arus listrik.

Semakin banyak sel surya yang terpasang, semakin besar pula voltase maupun arus yang dihasilkan. Oleh karena itu pemasangan panel surya juga disusun berdasarkan kebutuhan listrik khususnya dalam rumah tangga ataupun industri.


Dalam memasang Panel Surya, baik untuk peggunaan rumah tangga maupun industri penting bagi anda untuk tahu tips atau prosedur pemasangan yang baik dan benar. Salah dalam pemasangan akan membuat panel surya tersebut tidak dapat bekerja secara optimal atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


PT. Hexana Semesta menjual Panel Surya dengan Brand GCL dengan kualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk beralih ke tenaga surya sehingga dapat menghemat biaya tagihan listrik anda.


Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai segala manfaat serta keuntungan menggunakan panel surya yang kami jual, anda bisa mengunjungi website kami di bawah ini:




79 views0 comments

Recent Posts

See All